RELAWAN TIK: Beri Edukasi dan Sosialisasi Pemanfaatan dan Pembelajaran TIK

RELAWAN TIK INDONESIA adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat. Komunitas ini berdiri 4 Juli 2011 di Bogor dalam acara Forum Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kerjasama Komunitas TIK yang merupakan inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membangun komunitas pegiat TIK.

Relawan TIK terdiri dari beragam latar belakang anggota, mulai dari akademisi, mahasiswa, dosen, pegawai swasta, pegiat Linux, blogger dan sebagainya. Komunitas ini memiliki visi untuk menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/ penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Tugas pokok sebagai relawan TIK yaitu edukasi dan Sosialisasi Pemanfaatan dan Pembelajaran TIK untuk peningkatan kualitas hidup dalam rangka menuju Masyarakat Indonesia yang Informatif. Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat dilakukan melalui pelatihan pemanfaatan TIK ke berbagai elemen masyarakat, sosialisasi penggunaan Open Source, roadshow ke sekolah‐sekolah, penggunaan TIK untuk usaha bagi UKM dan penyebaran informasi melalui web dan media sosial.

FOTO: DOK. RELAWAN TIK

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *