ISLAMIC OTAKU COMMUNITY: Hijab Tidak Membatasi Gerak Cosplayer Muslimah

Seiring berkembangnya zaman dan era globalisasi, kita dapat melihat perubahan-perubahan gaya hidup dan budaya yang terjadi di tengah remaja indonesia sangat signifikan. Dan yang paling menonjol terlihat ada gelombang budaya Japan dan Korea yang booming di kalangan remaja indonesia. Islamic Otaku Community (IOC) hadir sebagai wadah para otaku muslim.

Dalam komunitas ini, para otaku muslim berkumpul untuk menekuni hobi mereka seperti menggambar manga, cosplay dan lain-lain, dengan tetap mempertahankan pribadi sebagai seorang muslim. Islamic Otaku Community ingin menjadikan hijab cosplay, islamic manga, muslim japanese style sebagai trendsetter fashion dan life style remaja muslim di indonesia. Dengan hadirnya komunitas ini membuktikan bahwa islam adalah agama yang syaamil (universal). Islam adalah agama yang diturunkan untuk bisa memasuki ke setiap lapisan masyarakat, lewat berbagai bidang, baik ekonomi, kesehatan, politik, hobby, kesenian dll.

Pada saat Islamic Otaku Community turut meramaikan salah satu event bergengsi, Hellofest, yang dilaksanakan di Istora Senayan, dengan menampilkan hijab cosplay hasil garapan project IOC sendiri, mulai dari anime digimon adventure (angewomon), masyarakat yang melihat penampilan IOC saat itu mengapresiasi dan mendukung, serta memberikan komentar seperti unik, kreatif, dll. Hal ini merupakan bukti bahwa hijab tidak membatasi pergerakan para muslimah. IOC membuktikan bahwa dengan hijab cosplay bisa tetap kreatif, dan dalam koridor syar’i.

Kedepannya, IOC berharap bisa mempuyai butik yang menjual kostum-kostum cosplay, J-style, harajuku dengan model syar’i . Selain itu, IOC juga berharap kelak dapat membangun sekolah hobi untuk para otaku. Karena memang sebenarnya makna dari otaku adalah bukan hanya menyukai anime, manga, J-music dll., tetapi otaku adalah bagaimana cara mencintai hobi dengan sepenuh hati dan mengembangkan diri dengan serius ke arah yang positif melalui hobi-hobi tersebut

Sumber: www.islamicotaku.com

FOTO: DOK. KOMUNITAS ISLAMIC OTAKU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *