KOPPAJA: Peduli Pendidikan Anak-Anak Jalanan

KOPPAJA (Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan) adalah sebuah komunitas yang anggotanya merupakan kalangan mahasiswa – mahasiswi di Indonesia yang peduli pendidikan anak jalanan. Komunitas ini berdiri karena adanya rasa solidaritas yang tinggi kepada anak – anak yang kurang beruntung baik dalam kebutuhan materi ataupun pendidikan, khususnya anak jalanan. KOPPAJA berdiri pada tanggal 29 Mei 2009, dipelopori oleh mahasiswa BSI yang sedang mengadakan riset tentang anak jalanan di kota Bogor.

Kegiatan KOPPAJA di Bogor awalnya dilakukan setiap hari minggu di taman Lodaya, yang disulap menjadi tempat belajar, dengan pembagian waktu mengajarkan akademik kepada anak – anak  jalanan setiap hari Selasa dan Rabu, mengajarkan pendalaman agama hari Kamis, dan sesi curhat hari Sabtu, sementara hari Minggu untuk kegiatan diluar agar mereka tidak jenuh. Anak didik mereka kurang lebih 100 anak.

Relawan yang tergabung dalam KOPPAJA datang dari berbagai latar belakang dan kota diluar Bogor yang dipertemukan dari jejaring sosial karena memiliki visi dan misi sama. Saat ini selain di Bogor, KOPPAJA telah hadir juga diberbagai wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bekasi dan Balikpapan.

FOTO: DOK. KOPPAJA BALIKPAPAN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *