Komunitas Bukalapak: Nambah Ilmunya, Laris Jualannya

Komunitas Bukalapak merupakan sebuah wadah bagi para Pelapak untuk bisa saling berdiskusi, tukar pikiran, berbagi pengalaman, serta belajar tentang tips dan trik jual beli online khususnya di Bukalapak. Komunitas Bukalapak berdiri atas dasar rasa saling memiliki, serta menjadi wadah dimana mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan anggota komunitas lainnya dan memiliki tekad untuk maju serta sukses bersama-sama.

Para Pelapak yang tergabung dalam komunitas Bukalapak juga peduli terhadap kegiatan berbagi seputar jual beli. Komunitas Bukalapak ini terbangun atas rasa kecintaan dari user Bukalapak khususnya penjual. Mereka sangat loyal dan “militant” terhadap Bukalapak. Mengenalkan kepada masyarakat luas apa itu Bukalapak.com, mengkampanyekan untuk bertransaksi online yang aman dan nyaman, serta mau berbagi seputar ilmu jual beli online kepada seluruh pengguna internet di Indonesia. Dan mereka pun melakukan kegiatan tersebut secara senang hati. Tidak merasa mempunyai beban atau pun keterpaksaan.

Bukalapak sebagai situs jual beli online tidak hanya berusaha untuk meningkatkan kualitas pasar. Namun juga meningkatkan kualitas penjual dengan membentuk sebuah wadah komunitas Bukalapak ini dengan selalu menggiatkan berbagai macam kegiatan edukasi antar penjual satu dengan yang lainnya baik secara offline (kopdar) maupun online (forum komunitas).

Visi :

  • Membangun budaya jual beli online online yang aman dan nyaman

Misi : 

  • Mengajak seluruh komunitas penjual bukalapak untuk menularkan semangat berbagi
  • Menciptakan budaya sehat bertransaksi di internet
  • Menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk merasakan mudahnya belanja di internet
  • Memberikan manfaat lebih kepada pengguna internet dalam melakukan transaksi jual beli online

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bukalapak

  • Tidak hanya berjualan tapi bisa juga menimba ilmu dengan seluruh Pelapak yang tergabung di komunitas Bukalapak.
  • Tambah teman, mempererat silaturrahmi, rekan bisnis serta adanya peluang untuk memasarkan produk jauh lebih luas.

Apa Saja yang Dilakukan Oleh Komunitas Bukalapak?

  • Komunitas Bukalapak melakukan kegiatan sharing secara berkala di masing-masing daerah melalui kopdar “Door to Door” (Kopdar dari rumah Pelapak satu ke rumah Pelapak lainnya)
  • Komunitas Bukalapak juga membuka peluang bisnis dengan cara berbagi kisah suksesnya ke masyarakat luar, komunitas lain (di luar komunitas Bukalapak) hingga ke kampus-kampus.
  • Komunitas Bukalapak juga membuat sebuah e-book edukasi seputar bisnis online untuk disebarluaskan secara massal
  • Komunitas Bukalapak juga mengkampanyekan komunitasnya dengan membuat merchandise dan atribut sendiri. Seperti pembuatan kaos, banner, sticker dan juga flyer berisi produk-produk komunitas.

Saat ini jumlah komunitas Bukalapak daerah yang sudah terbentuk kurang lebih ada 30 Kota. Diantaranya,
Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, Purwakarta, Subang, Karawang, Tangerang, Serang, Cilegon, Sukabumi, Depok, Bekasi, Batam, Semarang, Pekalongan, Batang, Purwokerto, Sukoharjo, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Magelang, Wonogiri, Solo, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, dan Bali

Tidak hanya itu, di masing-masing daerah ada koordinatornya yang mana biasa kita sebut dengan “BL Ranger”. Dimana tugas dari tiap-tiap BL Ranger ini akan mengkoordinir jalannya setiap event kopdar di daerahnya. Dan juga memberdayakan komunitas yang di koordinir agar bisa bersama-sama untuk maju. Salah satunya meningkatkan penjualannya di Bukalapak.

FOTO: DOK. KOMUNITAS BUKALAPAK

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *