Komunitas Pensil Bambu Luncurkan Gerakan #DariBotolJadiIlmu

Komunitas Pensil Bambu, komunitas pelajar dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Beserta Ratusan pelajar Depok begerak bersama dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016″ (HPSN 2016) pada 21 Februari 2016. Dalam kesempatan yang sama, bertempat di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, diluncurkan pula gerakan #DariBotolJadiIlmu.

Tepat pukul 06.00 ratusan pelajar dari berbagai sekolah, Forum Anak Depok, Forum Kesatuan Pelajar Depok, Komunitas Pensil Bambu dan pejabat Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, berkumpul di halaman Perpustakaan Kota Depok yang dilanjutkan untuk menggelar aksi pungut sampah yang dibagi ke dalam 3 tim, untuk  membersihkan sampah di jalan Margonda Depok, Jalan Kartini, Terminal Depok, Stasiun Depok hingga kolong Fly Over Arif Rahman Hakim.

Sisma Rahmat Refliansyah, selaku Ketua Komunitas Pensil Bambu menuturkan, “Aksi HPSN 2016 yang berada di salah satu titik aksi di Depok ini yang dihadiri oleh ratusan pelajar Depok menjadi titik semangat baru. Bahwa pelajar dapat menjadi harapan dalam menjaga lingkungannya kedepan, dan harapan pula setelah dilakukan deklarasi Indonesia #BebasSampah2020 tadi mimpi kita akan Indonesia yang lebih bersih, indah dan nyaman akan segera terwujud.”

Dalam gerakan #DariBotolJadiIlmu, setiap orang dapat mendonasikan botol plastik kemasan bekas air mineral menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Nantinya setiap botol plastik yang terkumpul selama setahun akan dijual dan hasil penjualannya akan dibelikan buku-buku yang selanjutnya akan diberikan kepada perpustakaan Kota Depok.

“Gerakan ini menjadi langkah baru dimana botol yang tadinya hanya kita buang dan kita lupakan, kini dapat menjadi sesuatu yang bernilai, bukan hanya secara ekonomis tapi juga dapat menjadi sesuatu yang menambah wawasan lewat buku yang dibelikan,” tutur Muhammad Riski Januar, Founder Komunitas Pensil Bambu.

Langkah ini juga menjadi wujud nyata persembahan dari Depok untuk Indonesia yang lebih baik untuk bisa #BebasSampah2020.

FOTO: DOK. KOMUNITAS PENSIL BAMBU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *