KOPHI Ajarkan Murid PAUD Untuk Pungut, Pilah dan Olah Sampah

Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2016, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) turut ambil bagian dengan memberi edukasi lingkungan bagi murid PAUD Melati yang terletak di RW 01, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Lurah Kuningan Barat yang menyisipkan pesan agar sejak dini anak-anak harus mulai dikenalkan dengan rasa cinta terhadap lingkungan yang dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti memungut sampah yang ada di sekitarnya dan dibuang ke tempat sampah.

Sejak pagi, murid PAUD Melati berkumpul ditemani oleh para orang tua serta guru. Hal pertama yang mereka dapat adalah informasi interaktif seputar jenis sampah, kondisi sampah di Indonesia saat ini beserta ancaman dan bahaya yang dapat ditimbulkan bagi manusia. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok serta mentoring dari KOPHI. Kemudian, murid PAUD Melati menelusuri setiap sudut gang untuk memunguti sampah lalu dipisahkan berdasarkan jenis sampahnya. Antusiasme mereka semakin tinggi karena mereka diajak untuk berlomba mengumpulkan sampah sebanyak mungkin.

Setelah memungut dan memilah sampah, murid PAUD Melati ditemani oleh para orang tua dan guru diajari cara mengolah sampah menjadi barang bernilai guna oleh komunitas Ebi Bag. Dengan kreativitasnya, murid PAUD Melati membuat gantungan kunci dari sampah plastik dan beberapa di antaranya membuat bentuk hewan yang disukai. Sedangkan para orang tua dan guru juga menghasilkan produk daur ulang dari sampah plastik seperti tas mini, dompet, hingga tempat pensil.

Antusiasme peserta yang tinggi cukup terasa. Intan, salah satu murid PAUD Melati menuturkan, “Aku senang banget di sini bisa bareng kakak-kakak belajar ambilin sampah. Terus aku buat gantungan kunci dua buah, bagus deh!” Kegembiraan senada pun disampaikan oleh Ivan, koordinator kegiatan, “Sangat senang bisa ikut di acara ini, belajar bersama pahlawan-pahlawan kecil. Semoga mereka bisa lebih mencintai lingkungan mulai dari sekarang.”

FOTO: DOK. KOPHI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *