Komunitas Ngejah: Belajar Berbagi, Belajar Berkarya, dan Belajar Bersama

Komunitas Ngejah didirikan pada tanggal 15 Juli 2010 bertempat di kampung Sukawangi, desa Sukawangi, kecamatan Singajaya, kabupaten Garut, dengan dilatarbelakangi segelintir pemuda yang peduli terhadap kampung halaman. Komunitas Ngejah awalnya hanya diisi dengan kegiatan diskusi, berbincang mengenai kondisi kampung halaman serta sekelumit permasalahan di dalamnya yang berhasil melahirkan pemikiran sebagai upaya memajukan kampung halaman, seperti menanamkan minat baca tulis, literasi media, melestarikan seni budaya daerah setempat, ekonomi mandiri bagi pemuda dan masyarakat sekitar, pembinaan keagamaan, serta pelestarian lingkungan hidup.

Berbagai kegiatan yang dilakukan komunitas Ngejah seperti menanamkan minat baca tulis dengan mengumpulkan buku, mengadakan diskusi dan kampanye mengenai kebutuhan kegiatan baca tulis, serta mengadakan kegiatan membaca bersama dan pelatihan menulis. Selain itu, komunitas ini melakukan pembinaan bagi pelajar, pemuda dan masyarakat umum terkait penggunaan dan pemanfaatan media dengan baik, melalui diskusi tentang dampak positif dan negatif televisi, pelatihan blog serta pelatihan internet sehat.

Kegiatan lainnya yang dilakukan Komunitas Ngejah sebagai upaya pelestarian kesenian daerah yaitu melalui diskusi dan kampanye tentang pentingnya merawat seni budaya lokal, baik dengan anggota, masyarakat dan komunitas-komunitas seni budaya lokal yang ada. Dan kegiatan sebagai upaya pelestarioan lingkungan hidup yaitu dengan pengadaan bahan bacaan tentang lingkungan hijau, mengadakan kampanye reboisasi terhadap anggota, pengurus dan ke berbagai sekolah, pengadaan bibit tanaman, pelatihan pembuatan bibit, serta pembuatan apotek hidup dengan bekerjasama dengan pemerintah desa.

Komunitas ini memiliki visi sebagai wahana inkubator pendidikan alternatif berdasarkan nilai-nilai kearifan local, dengan slogan “Hirup, Hurip keur Balarea” yang berarti Belajar Berbagi, Belajar Berkarya, Belajar Bersama.

FOTO: DOK. KOMUNITAS NGEJAH

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *