IPB Mengajar: Role Model Pergerakan Mahasiswa di Bidang Pendidikan

IPB Mengajar (IM) merupakan organisasi non-profit yang dijalankan oleh sekumpulan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dibentuk pada tanggal 2 Mei 2012 dengan diresmikan lansung oleh Bapak Anies Baswedan, dan memiliki visi untuk menjadi role model pergerakan mahasiswa dibidang pendidikan demi terwujudnya optimalisasi sistem pendidikan inspiratif melalui sinergitas antara civitas akademika, masyarakat, dan pemerintah.

IPB Mengajar saat ini telah memiliki 3 sekolah binaan yaitu SDN 01 Leuwungkolot, Bogor ; SDN 01 Nanggung, Bogor; dan SDN 01 Cisarua Bogor serta aktif dalam kegiatan mengajar di wilayah lingkar kampus setiap minggunya. IPB Mengajar juga telah mendirikan sebuah taman baca di desa Cisarua, kecamatan Nanggung, Bogor guna meningkatkan minat anak-anak desa tersebut untuk membaca.

Setiap tahunnya, IPB Mengajar selalu menghadirkan 12 pengajar inspiratif di sekolah binaan. Pengajar Inspiratif ini telah diberikan pelatihan sebelum turun lansung untuk mengajar di sekolah formal sebagai mitra guru selama 2-3 minggu. Selama mengajar, pengajar inspiratif juga diharapkan mampu membuat kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill serta mewujudkan sinergitas antara guru, orang tua, dan guru melalui forum guru, forum orang tua, festival anak dan agricultural education. Agricultural education diberikan guna meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap sektor pertanian yang saat ini mulai dilupakan. IPB Mengajar juga telah mencetak sebuah buku yang berjudul “Pengajar Inspiratif” yang bisa didapatkan di toko buku Gramedia dengan harapan mampu berbagi dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia.

FOTO: DOK. IPB Mengajar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *