Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie Ikuti Clean Up Jakarta

Pada Hari Minggu, 21 Februari 2016, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar acara yang bertajuk ‘Clean Up Jakarta menuju Jakarta bebas sampah 2020’. Acara ini digelar beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta. Jakarta sendiri menggelar di 8 titik kegiatan clean up, 41 komunitas yang terdiri dari pencinta lingkungan, pelajar, dan wakil beberapa perusahaan terlihat mengikuti kegiatan ini. Sekitar 50 orang dari himpunan mahasiswa dan juga dosen Teknik Lingkungan Universitas Bakrie sendiri turun langsung untuk memungut sampah yang berada di Taman Suropati tersebut.

Mulai jam 5.30 WIB, Taman Suropati sudah terlihat ratusan orang yang berasal dari beberapa komunitas berkumpul untuk mendengarkan arahan kegiatan yang dilaksanakan. Jam menunjukkan 06.10 WIB aksi Clean Up dimulai sekaligus penukaran bibit pohon oleh Komunitas Turun Tangan Jakarta. Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah fun walk menuju lokasi penimbangan sampah di dekat Bundaran HI. Dari Teknik Lingkungan Universitas Bakrie mengumpulkan sampah sebanyak 5 kg anorganik dan 3 kg organik. Kegiatan selanjutnya adalah turut serta di acara puncak dekat Bundaran HI yang disambut oleh Drumband STTD. Setelah menyaksikan Drumband STTD acara berlanjut dengan sambutan Menteri LHK, Siti Nurbaya. Pada kegiatan ini, pemerintah menerapkan plastik berbayar sebesar Rp200,00. Pemerintah juga mengenalkan gerakan mengatasi sampah, di antaranya yaitu gerakan 3R (Reuse Reduce Recycle) dan bank sampah. Sampah-sampah yang telah ditimbang tadi akan masuk ke bank sampah.

“Di kuliah anak-anak belajar tentang sampah, termasuk cara pemilahan sampah dan segala tantangannya. Nah, di acara ini mereka semangat banget untuk mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di kuliah, juga mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan. Seru!” tutur Prismita, salah satu dosen dari Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.

FOTO: DOK. Teknik Lingkungan Universitas Bakrie

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *