Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau: Tebar Inspirasi Untuk Anak-Anak di Pulau Kecil Indonesia

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) adalah inisiatif pengembangan dari #KelasInspirasi, dan dirintis oleh 34 orang pegiatnya. Berawal dari pilot project (7 April 2014) di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, kegiatan ini mengajak para relawannya berbagi inspirasi ke tingkatan konsep yang lebih tinggi dan lokasi marginal yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan, yaitu pulau-pulau kecil di Indonesia.

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) merupakan perkumpulan relawan yang terdiri dari para profesional yang peduli terhadap pendidikan dasar anak di kepulauan Indonesia dengan cara berbagi, menginspirasi, serta membangun cita-cita dan karakter, dengan melibatkan sekolah, lingkungan, dan masyarakat. KIJP memiliki visi untuk menjadi wadah para profesional untuk terjun sebagai relawan dan turut berkontribusi dalam pendidikan anak Indonesia.

Kegiatan KIJP salah satunya yaitu hari inspirasi, para relawan melakukan kegiatan yang bertujuan untuk membangun inspirasi dengan berbagi cerita dan pengalaman kerja serta motivasi untuk meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Dalam pelaksanaannya, penggunaan media yang menjadi pendukung kegiatan di pulau dapat berupa pemutaran film, lagu, sharing session, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pulau.

Tujuan dari komunitas inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional dapat mengetahui tentang bagaimana kondisi pendidikan anak-anak di kepulauan. Pendekatan dilakukan para relawan melalui aspek sekolah, masyarakat, dan lingkungan setiap pelaksanaan hari inspirasi dari komunitas inspirasi Jelajah Pulau.

FOTO: DOK. Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *