Lolos Wawancara Beasiswa Dengan Cara Ampuh Ini!

Kuliah dengan beasiswa merupakan impian setiap orang, terlebih lagi jika kuliah di luar negeri ataupun di kampus idaman di dalam negeri. Namun, sebagaimana kita tahu, untuk mendapatkan beasiswa memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Salah satu tahapan yang harus dilewati yaitu wawancara. Tahap wawancara ini merupakan salah satu tahap yang sangat menentukan untuk mengukur layak atau tidaknya kalian mendapat beasiswa, maka sudah seharusnya kalian mempersiapkan diri untuk menaklukkan tahap ini. Untuk itu ada 5 tips ampuh untuk taklukkan tes wawancara beasiswa dari Komunitas Sahabat Beasiswa, diantaranya:

  1. Tepat waktu

Usahakan untuk datang lebih awal dari jadwal wawancara yang dijanjikan. Hal ini akan menambah nilai diri Anda dimata pewawancara. Dengan datang lebih awal, Anda bisa mempunyai waktu lebih untuk mempersiapkan diri dan membiasakan diri Anda dengan suasana sekitar.

  1. Perhatikan perilaku Anda

Belajarlah untuk tidak gugup selama wawancara. Kenali dan perhatikan perilaku Anda secermat mungkin. Latih dan perhatikan langkah kaki Anda ketika masuk ruangan wawancara. Duduk diam, tetap jaga kontak mata, saat berjabat tangan usahakan berikan tekanan yang cukup kuat, ini akan menimbulkan kesan Anda percaya diri dan siap. Atur postur tubuh Anda agar terlihat santai.

  1. Kuasai apa yang telah ditulis

Dalam hal ini pewawancara akan menanyakan seputar isi essay yang telah Anda tulis. Saat diberikan pertanyaan, hindari menjawab pertanyaan dengan terbata-bata. Anda harus menguasai isi essay Anda, dari cara Anda menjawab pewawancara bisa menilai apakah Anda menguasai dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah Anda tulis atau tidak.

  1. Pertanyaan soal keunggulan dan kekurangan

Jangan meremehkan pertanyaan semacam ini. Pewawancara terkadang ingin melihat apakah Anda mengetahui keunggulan dan kekurangan dalam diri Anda dan cara mengatasinya. Yakinkan pewawancara bahwa Anda memiliki keunggulan yang baik dalam diri Anda dan keunggulan itu bisa dibuktikan. Dan soal kelemahan, bisa saja pewawancara meminta Anda untuk menjelaskan dengan rinci kekurangan yang Anda miliki, gunakan kesempatan ini dengan baik, utarakan kekurangan Anda disertai dengan cara Anda mengatasi kekurangan.

  1. Pertanyaan soal aktivitas

Pewawancara seringkali memberikan pertanyaan seputar aktivitas Anda di waktu luang. Maka berikanlah gambaran bahwa aktivitas yang Anda lakukan sifatnya memberikan manfaat untuk diri Anda sendiri maupun lingkungan sekitar.

Sumber: http://sahabatbeasiswa.com/5-tips-ampuh-taklukkan-wawancara-beasiswa/

FOTO: DOK. AKUN Instagram seoulskaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *