Bantu Hentikan Kejahatan Seksual Dengan Cara Ini!

Kejahatan seksual memang bisa terjadi dimana saja dan kepada siapa saja, baik diri sendiri maupun orang yang berada disekitar kita. Lalu, bagaimana cara kita membantu orang lain yang menjadi korban kejahatan seksual?

Berikut beberapa tips untuk menghentikan kejahatan seksual pada orang lain dari buklet panduan pencegahan pelecehan seksual yang disusun oleh Komunitas perEMPUan:

  • MENATAP PELAKU

Langkah paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu orang yang sedang dilecehkan melalui tatapan atau perkataan adalah menatapnya (namun bila korban dilecehkan melalui kontak fisik, kita sebaiknya membantu secara aktif). Misalnya ada seorang laki-laki yang sedang menatap bagian dada perempuan penumpang angkot, kita bisa mengintimidasi pelaku dengan terus menatapnya dengan judes untuk menandakan bahwa kita mengetahui dan akan mencegah tindakanny

  • MEMARAHI PELAKU

Menatap pelaku sebaiknya juga diiringi dengan tindakan preventif lainnya seperti bertanya “Lagi liat apa Pak?” atau mengingatkan korban “Mba, pindah aja berdiri dekat saya supaya ga diliatin Bapak itu.” Cara ini bisa kita lakukan bila kita cukup berani atau menyadari bahwa situasinya cukup aman untuk diri sendiri. Bisa dengan cara sederhana seperti “Heh, ngapain anda raba-raba dia?” atau bisa juga digabungkan dengan memberikan balasan seperti menjepit tangannya yang mulai meraba atau menamparnya.

  • MEMBANTU KORBAN

Bila kita mengetahui telah ada perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual, penting bagi kita untuk membantunya karena pada umumnya korban mengalami masa syok. Kita bisa membantunya hanya dengan memberinya minum, atau mengantarkannya ke tempat yang aman, memberikan informasi no telepon pihak yang dihubungi, menghubungi kerabatnya, atau bila pelecehan yang dialaminya memberikan efek trauma yang cukup besar, kita bisa mengantarkannya pada lembaga yang bisa menangani korban pelecehan.

  • MENGINGATKAN DENGAN SUARA LANTANG ATAS KEBERADAAN PERILAKU DI TEMPAT ITU

Kebalikan dari poin sebelumnya, langkah ini justru kita lakukan bila melihat ada seseorang tengah diincar oleh pelaku untuk dijadikan korban atau kita tahu bahwa ada pelaku pelecehan. Kita perlu mengingatkan orang lain agar mereka juga tidak menjadi korban. Misalnya dengan berteriak: “Ati- ati Bu, nih si Bapak ini dari tadi mau gesek-gesek barangnya,” atau “Mba, pindah aja duduknya ke sebelah saya, dari tadi Mas itu ngeliatin Mba,” yang diucapkan sambil memandangi pelaku.

  • MEMBERI PERLAWANAN PADA PELAKU

Tindakan ini sangat diperlukan saat kita mengetahui ada orang yang sedang menjadi korban pelecehan. Perlawanan yang dilakukan bisa menggunakan peralatan yang kita miliki seperti payung atau high heels untuk memukul pelaku, namun bisa juga dilakukan tanpa alat bantu seperti dengan menampar atau menjitak pelaku.

Untuk informasi lengkap mengenai panduan pencegahan pelecehan seksual di tempat umum dan kendaraan umum, bisa kalian unduh dengan cuma-cuma disini : db.tt/U5zwrDs5 

FOTO: DOK. Akun Instagram Anisfaridaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *