Gerakan Peduli Musik Anak: Dorong Orang Dewasa Memilah dan Memilih Musik Untuk Anak-Anak

Peduli Musik Anak adalah gerakan independen untuk mengingatkan orang dewasa, khususnya orangtua dan guru tentang peran musik sebagai (1) alat komunikasi, (2) alat pendidikan, dan (3) alat untuk meningkatkan kedekatan orang dewasa dan anak. Peduli Musik Anak mendorong orang dewasa untuk memilah dan memilih musik yang sesuai tahap perkembangan anak dan melantunkan musik bersama anak.

Gerakan Peduli Musik Anak ini digagas oleh dua Psikolog yang sama-sama peduli terhadap pendidikan melalui musik, yang diluncurkan pada tanggal 8 Maret 2009 (bersamaan dengan pernikahan mereka) dalam bentuk penyebaran CD audio Yo’ Mari Berdendang. Komunitas ini telah memproduksi dan menyebarkan secara gratis lebih dari 6000 keping CD ‘Yo Mari Berdendang’ sebagai alternatif dan contoh pemilahan untuk pendidikan nilai melalui musik.

Selain itu, Peduli Musik Anak juga aktif mengkampanyekan pemilahan lagu anak melalui kegiatan komunitas di berbagai kota, melalui media sebagai narasumber untuk membahas mengenai pemanfaatan musik dalam mengembangkan dan mendidik anak, dan aktif memberikan workshop “Pendidikan Emosi dengan Menggunakan Musik” pada guru, calon guru, Bunda PAUD di Jakarta dan Surabaya.

Komunitas ini juga mengadakan Gelaran (Gerak-Lantun-Paparan), yaitu konser interaktif untuk segala umur (dan gratis) dengan konsep workshop, yang diadakan pertama kali pada tanggal 30 Desember 2012. Kegiatan inspiratif lainnya yaitu silaturahmi budaya, kunjungan ke daerah dan memanfaatkan musik untuk mengkomunikasikan topik yang menjadi isu utama di daerah tersebut kepada anak-anak. Kegiatan ini pertama kali diadakan di Pulau Seram, Maluku Utara pada bulan Juni 2014 dengan mengajak anak-anak menciptakan lagu versi mereka sendiri mengenai perdamaian. Terkahir, ada kegiatan Pekan Video Keluarga, yang bertujuan untuk mengajak orang dewasa untuk merekam dan berbagi rekaman interaksi dengan anak menggunakan musik ramah anak.

FOTO: DOK. KOMUNITAS PEDULI MUSIK ANAK

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *