Komunitas LogikaRasa: Mewarnai Indonesia dengan Cerita

Berawal dari kecintaan dua anak manusia, Alldo Fellix Januardy dan Muthia Zahra Feriani, terhadap dunia sastra, Komunitas LogikaRasa lahir pada pertengahan tahun 2014. Berbentuk ragam karya seperti puisi, cerpen, dan prosa mini, Komunitas LogikaRasa menyediakan ruang bagi para pencerita muda Indonesia yang ingin memublikasikan cerita-cerita mereka agar dapat dibaca oleh semua orang melalui portal www.logikarasa.com.

Uniknya, baik Alldo maupun Muthia tak ada yang berasal dari jurusan sastra. Keduanya merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Dan meski berkuliah di jurusan hukum, Alldo yang kini bekerja sebagai pengacara publik, dan Muthia yang kini bekerja sebagai pengusaha, tetap tak bisa melepaskan kecintaan mereka pada dunia yang satu itu.

“Kami memiliki mimpi besar untuk membumikan sastra Indonesia dan ingin mengajak setiap orang agar dapat berkontribusi terhadap perkembangannya,” ujar Alldo.

Untuk diketahui, seluruh karya yang dimuat di portal Komunitas LogikaRasa adalah karya-karya berbahasa Indonesia. Pasalnya, sejak awal komunitas ini dibentuk, tujuannya memang untuk mengusung semangat menulis yang disertai dengan idealisme pelestarian bahasa Indonesia.

Kini, Komunitas LogikaRasa telah memuat ratusan cerita yang ditulis oleh ratusan penulis muda se-Indonesia, ujar Alldo. Setiap minggunya, portal Komunitas LogikaRasa dikunjungi oleh 50 ribu sampai dengan 120 ribu pembaca, lanjutnya dibuktikan dengan data statistik yang terekam pada hosting website.

Di samping terbuka bagi khalayak umum, hingga saat ini Komunitas LogikaRasa juga sudah memiliki 30 orang pencerita tetap yang secara rutin mengirimkan tulisan mereka ke www.logikarasa.com. “Latar belakang pencerita tetap Komunitas LogikaRasa sangat beragam. Mulai dari penulis yang karyanya telah diterbitkan, blogger, jurnalis, pengacara, aktivis lembaga swadaya masyarakat, karyawan swasta, hingga mahasiswa ada di dalamnya,” sebut Alldo.

“Semua orang dapat bergabung menjadi pencerita tetap Komunitas LogikaRasa. Cukup kirimkan cerita yang berkualitas secara rutin. Apabila memenuhi kriteria redaksi kami, kami akan langsung mengajak pencerita tersebut untuk menjadi pencerita tetap,” terang Muthia menambahkan.

Di samping itu, meski belum genap dua tahun, Komunitas LogikaRasa tercatat telah berpartisipasi di dalam berbagai acara, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya yaitu menjadi kontributor untuk kumpulan cerpen Antologi Luka dari komunitas The Social Writers tahun 2016, ASEAN Literary Festival 2015, Bali Emerging Writers Festival 2015, Peringatan Hari Museum Internasional dan Hari Museum Nasional ke-237 tahun 2015, Universitas Indonesia Idea Festival 2015, Perayaan Ramadhan with Love Lion’s Club International tahun 2014, dan bedah buku bersama Komunitas Langit Sastra tahun 2014.

Komunitas LogikaRasa juga sudah tercatat sebagai anggota dari Koalisi Seni Indonesia (KSI), sebuah organisasi yang bertujuan mengembangkan kesenian Indonesia, sejak tahun lalu.

Ke depan, Komunitas LogikaRasa akan menerbitkan buku kumpulan cerpen dan puisi hasil karya para pencerita dan mengadakan kegiatan-kegiatan kesastraan. Bagi yang ingin bergabung menjadi anggota Komunitas LogikaRasa, caranya mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan cerita berjenis puisi, cerpen, atau prosa mini melalui portal www.logikarasa.com.

FOTO: DOK. Komunitas Logika Rasa

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *