Tips Jitu Laris Jualan Online

Bisnis online tampaknya memang mudah untuk dilakukan. Bermodalkan seperangkat komputer, gadget, atau smartphone dengan koneksi internet, kita dapat segera memulai bisnis online saat itu juga. Namun ternyata ada persoalan lain yang timbul dari kemudahan tersebut. Menjalankan bisnis melalui internet membuat kita harus pandai-pandai memanfaatkan media yang ada untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kita tak bisa lagi menggunakan mimik wajah dan gesture yang bersahabat untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun, sebagai gantinya kita dapat memanfaatkan deretan kata-kata, gambar, file suara dan video untuk berusaha meyakinkan calon pelanggan.

Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan supaya onlineshop mu laris? Berikut ada tips dari Irma Sustika, selaku Founder dari Komunitas Womanpreneur:

  • Anda atau Kamu?

Penggunaan kata Anda yang terdengar sangat simpel ternyata sangat efektif untuk mulai menjalin hubungan baik dengan calon pelanggan. Kata Anda biasanya terdengar sangat profesional, sopan dan terkesan interaktif. Selain itu, untuk menciptakan kesan santai dan bersahabat, para pebisnis online juga dapat menggunakan kata kamu ketika berinteraksi dengan calon pelanggan.

Namun di sisi lain tak jarang pula akun media sosial perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan kata kamu untuk mengakrabkan diri dengan target pelanggan mereka. Hal ini mungkin lebih banyak digunakan dalam tahapan dimana kita sudah cukup dekat dengan pelanggan atau misalnya dalam suasana event khusus seperti sebuah campaign kuis online agar percakapan terkesan lebih santai. Dalam hal ini memilih sapaan yang tepat akan menjadi kunci sukses pelanggan anda betah menjalin hubungan bisnis di kemudian hari.

  • Kata “GRATIS” yang Powerful

Hampir semua orang akan merasa tertarik ketika mendengar kata gratis. Kata gratis sangat identik dengan produk yang murah, diskon besar-besaran atau produk yang bisa diperoleh secara cuma-cuma. Sepertinya kata gratis ini memang memiliki efek magis yang sangat powerful untuk membuat orang-orang membeli produk anda walaupun gratisan tersebut bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

  • Membuat Kesan Atraktif dengan Kata “NEW”

Kata new ternyata sangat efektif untuk meningkatkan rasa penasaran calon pelanggan anda. Mereka akan menaruh ekspektasi yang tinggi mengenai new spesification, new design, new technology atau new innovation. Walaupun pada kenyataannya tak banyak peningkatan atau keunggulan berbeda yang anda tawarkan, namun kata new ini tetap efektif untuk membuat calon pelanggan tergoda dan mencoba membeli produk Anda.

  • Kata ”AMAN” yang Membuat Nyaman

Penggunaan kata aman memang sangat diperlukan untuk sejumlah produk tertentu seperti makanan, minuman, obat-obatan herbal dan zat pembasmi nyamuk. Pastikan untuk melakukan riset mengenai keamanan produk anda sebelum menggunakan kata “aman”.

Bila perlu, ajukanlah izin pada departemen kesehatan untuk menjamin legalitas dan keamanan kandungan produk anda. Kata aman yang dapat anda nyatakan dan berikan kepada pelanggan akan membuat pelanggan mempertahankan loyalitas mereka.

  • Kehebatan kata “GARANSI”

Kata garansi memang sangat efektif untuk meyakinkan calon pelanggan yang masih kurang yakin dengan segala aktivitas belanja online. Kata garansi akan membuat mereka yakin akan keraguan-keraguan seperti ketakutan ditipu, takut barang tidak sesuai dengan foto-foto di dunia maya, takut akan risiko kerusakan dan berbagai bentuk ketakutan lainnya. Gunakan kata garansi yang sesuai dengan kualitas pelayanan yang dapat Anda berikan.

Sertakan pula ketentuan mengenai garansi yang Anda maksud secara detail agar pelanggan tidak salah paham dan merasa tertipu. Kata garansi juga akan memberikan kesan service after sales yang baik untuk membangun branding bisnis online Anda menjadi bisnis yang berkualitas dan terpercaya.

Sumber: http://womanpreneur-community.com/blog/kekuatan-kata-dalam-penjualan-online/

FOTO: DOK. Akun Instagram jimconnollyphotos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *