INOVASIA: Lahirkan Inovasi Yang Bermanfaat Untuk Masyarakat Luas

Inovasia yang merupakan kepanjangan dari Inovasi Untuk Indonesia, adalah Sebuah gerakan sosial yang bertujuan untuk menerapkan inovasi akademisi dalam dunia pengembangan masyarakat. Gerakan ini, berawal dari keresahan seorang mahasiswa, yang melihat fenomena begitu banyak hasil penelitian ilmiah pada tugas akhir atau skripsi berupa penelitian ilmiah yang hanya menjadi sebuah lembaran berjilid di perpustakaan, tanpa benar-benar diaplikasikan atau bermanfaat untuk masyarakat luas.

Komunitas Inovasia ini didirkan oleh Muhammad Sigit Susanto sekaligus pada April 2014, sebagai wadah bagi para mahasiswa/i yang telah melakukan penelitian saat mengerjakan tugas akhir atau skripsi agar dapat menyebarkan penelitiannya kepada masyarakat. Dalam menjalankan kegiatannya, Inovasia merekrut relawan untuk melakukan aplikasi inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti teknologi tepat guna atau sistem sosial yang dapat membantu mempermudah pekerjaan masyarakat menjadi efektif dan efisien.

Dalam menjalankan kegiatannya, Inovasia mempunya tiga program yakni program inovasi pendidikan dan lingkungan, program energi, dan program pangan. Ketiga program tersebut dilakukan dengan turun ke desa-desa. Camilan Chocotofu, keripik tahu yang dibalut dengan cokelat merupakan salah satu inovasi di bidang pangan dan pemanfaatan limbah cair menjadi bahan bakar biogas, menjadi salah satu inovasi dibidang energi oleh tim Inovasia.

FOTO: DOK. INOVASIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *