RUSSEAN: Ide Kecil, Tujuan Besar, Demi Hubungan Rusia dan ASEAN.

RUSSEAN; Russia ASEAN Youth Association diinisiasi oleh delegasi dari Indonesia setelah menghadiri Russia ASEAN Youth Summit 2015 yang ketiga di Vladivostok, Rusia, pada 08-11 Oktober 2015. Setelah pertemuan tersebut, diadakanlah pertemuan dengan mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Vladivostok dan muncul kesimpulan akan kepentingan dan keuntungan dalam membangun hubungan yang mutual antara pemuda-pemudi ASEAN dan Rusia. Hampir setengah populasi ASEAN berumur kurang dari 20 tahun, dan sebanyak 22% populasi Rusia juga berumur kurang dari 20 tahun. Fakta ini menjelaskan bahwa pemuda merupakan pilar penting dari dua region ini.  Keberlangsungan Rusia dan ASEAN dalam bidang pembangunan berada pada pundak pemuda karena mereka juga pembuat perubahan bagi masa depan bangsa. Namun, sejauh ini, belum ada platform atau organisasi yang menghuungkan Rusia dan negara-negara ASEAN, yang membuat para pendiri RUSSEAN untuk membuat hubungan yang lebih kuat antara Rusia dan negara-negara ASEAN melalui peran para pemuda.

RUSSEAN secara resmi didirikan pada 2 November 2015. Setelahnya, mereka yang tergabung di RUSSEAN berkomitmen selangkah demi selangkah untuk membuat platform yang menyediakan kepentingan-kepentingan antara pemuda-pemudi Rusia dan ASEAN. Walaupun dimulai dari ide yang sederhana, namun kentara sekali bahwa misi RUSSEAN adalah sesuatu yang besar. Enam belas pemuda-pemudi Indonesia dengan talenta dan semangat berkomitmen untuk menghubungkan Russia dan ASEAN dengan mendirikan RUSSEAN. Tentu saja bukan sebuah hal yang mudah, tapi mereka telah berhasil untuk keluar dari zona nyaman dan membuat sebuah gebrakan. Kamu mau bergabung dengan mereka?

Info dan dokumentasi disadur dari laman web RUSSEAN.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *