Jangan Galau Lagi Pilih Jurusan!

Bagi teman-teman yang sudah duduk di bangku SMA kelas XII, sudah mulai memasuki masa galau dalam mempertimbangkan jurusan yang akan diambil jika melanjutkan studi. Jangan sampai kita salah memilih jurusan saat kuliah, dengan menghamburkan waktu dan uang kita, namun akhirnya menyesal karena merasa salah memilih jurusan dan tidak cocok buat kita. Nah, Komunitas Sahabat Beasiswa akan memberikan informasi berupa tips dan trik dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu:

  • Tanyakanlah pada diri sendiri, apa minat dan bakat kita yang sesuai dengan profesi yang kita inginkan.

Ambil selembar kertas, buat empat kolom. Pada dua kolom pertama tuliskan “Minat” dan “Pekerjaan.” Tulis minat dan aktivitas favorit kamu, baik itu menggambar, menjahit, menyanyi, menghitung, main sepak bola ataupun main games! Kemudian di kolom kedua, buat daftar pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan minat yang sudah kamu tulis di kolom pertama tadi.

  • Perhatikan Nilai-Nilai Yang Kita Anut (Agama, dll)

Nilai spiritual dan agama juga merupakan unsur dan faktor yang penting di dalam masyarakat di Indonesia. lalu apa hubungannya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat? Begini, dalam kasus tertentu bisa saja jurusan yang hendak kita ambil dengan kualitas yang terbaik berada di Universitas yang dinaungi oleh lembaga keagamaan yang berbeda dengan kepercayaam kita. Ini bisa saja menimbulkan konflik batin dalam diri kita. Dalam kasus tertentu bisa saja berakibat pada hubungan sosial masyarakat. Walaupun memang kemungkinannya kecil karena Indonesia memiliki toleransi beragama yang cukup.

  • Buat daftar syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan tersebut

Pada kertas tadi, isikan “Syarat” di kolom ketiga. Buat daftar kemampuan, keterampilan dan syarat pendidikan yang harus kamu miliki untuk mendapatkan pekerjaan idaman tersebut di masa depan.

  • Pahami Situasi Global Internasional, Nasional, dan Lokal saat ini

Kita harus menyadari dimana masa kita hidup saat ini. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yang sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan juga kita ini hidup di negara mana? Kota mana? Contoh di negara Indonesia biasanya para pekerja IT kurang dihargai dan dituntut serba bisa! Sebaiknya kita cari di forum – forum pengalamn – pengalaman orang – orang yang bekerja pada bidang yang kita inginkan. Pandai – pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yang nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.

  • Komitmenlah !

Ini juga sebaiknya kita masukkan dalam aspek pertimbangan kita dalam memilih jurusan studi kuliah. Pertanyaan yang harus bisa kita jawab adalah seberapa jauhkah berkomitmen kita untuk jurusan studi kuliah tersebut? Apa kita yakin mau mengorbankan waktu kuliah kita demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kita cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kita pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kita akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.

  • Cari tahu lebih banyak dari orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia kerja

Pada kolom berikutnya, isikan “Hal yang bisa saya mulai dari sekarang”. Lakukan survei lapangan, ngobrol langsung dengan kenalan, teman ataupun saudara yang memiliki pekerjaan yang sudah kamu tuliskan di kolom kedua tadi. Perhatikan segala aspek tentang pekerjaan-pekerjaan tersebut, baik-buruknya, serta sesuaikan dengan kepribadian mu. Lalu, dengarkan baik-baik kata hati kamu, dan pilih satu jenis pekerjaan yang kiranya akan kamu cintai sekarang dan di masa depan. Selain itu, kamu juga bisa coba magang di perusahaan yang bergerak di bidang favorit kamu untuk melihat kehidupan nyata jika mengambil profesi tersebut.

  • Persiapkan Alternatif lain

Jika karena beberapa hal dan pertimbangan, akan mengakibatkan kita tidak memasuki jurusan kuliah di Universitas tertentu. Kita sebaiknya mempersiapkan alternatf atau rencana cadangan. Mungkinkah kita mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? Dengan adanya rencana alternatif maka kita akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak kita sadari.

Sumber: http://sahabatbeasiswa.com/7-cara-efektif-menentukan-jurusan-yang-tepat-bagimu/

FOTO: DOK. Akun Instagram academeoftheoaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *