Kampung Teknologi Foundation: Kurangi Kesenjangan Digital Bagi Masyarakat Indonesia

Kampung Teknologi Foundation dibentuk pada tanggal 12 Oktober 2009. Berawal dari fenomena masih banyak anak sekolah disekitar mereka yang saat mengerjakan tugas sekolah harus pergi ke warnet atau rental computer, karena hampir tiap rumah tidak memiliki komputer, koneksi internet dan printer. Maka didirikanlah laboratorium computer mini yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar secara gratis.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kampung Teknologi Foundation yang memiliki visi untuk mengurangi kesenjangan digital bagi masyarakat Indonesia diantaranya Kelompok Belajar Bersama dimana masyarakat bisa memanfaatkan mini lab.komputer untuk mengerjakan pekerjaan yang harus dikerjakan secara komputerisasi, menggunakan layanan internet dan WiFi, memanfaatkan layanan cetak dokumen (print) dan memperoleh bimbingan belajar secara gratis untuk mata pelajaran bahasa inggris, matematika dan lainnya.

Selain itu, ada juga kegiatan โ€œAku Mahir Teknologiโ€ yang memberikan pelatihan gratis pada masyarakat dibidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan materi Ms.Office (Ms.Word, Ms.Exel & Ms.Powerpoint), Desain grafis, Animasi, Game development, Musik Digital, Video Editing dll. Ada pula Ruang Baca untuk Masyarakat membaca buku-buku secara gratis dan program โ€œBisa Sekolah Lagiโ€, yaitu program membiayai anak-anak putus sekolah agar bisa sekolah lagi sampai tamat ke jenjang pendidikan dasar sembilan tahun.

FOTO: DOK. Komunitas Kampung Teknologi Foundation

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *