Gentle Birth Untuk Semua: Wadah Berbagi Pengalaman Seputar Kehamilan dan Persalinan

Komunitas Gentle Birth Untuk Semua (GBUS) adalah wadah berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi kaum wanita, supaya setiap kehamilan berjalan sehat, serta persalinan berjalan aman, nyaman, lancar, dan minim trauma (gentle birth). Komunitas ini berawal dari Grup di Facebook Group pada bulan Juli 2011 Dyah selaku founder dan teman-teman dekatnya berbagi pengalaman seputar persiapan hamil, kehamilan, persalinan, dan proses menyusui.

Dalam komunitas ini, diajarkan bahwa kehamilan dan persalinan membutuhkan peran aktif calon ibu, pasangannya, dan lingkungan sekitar. Jumlah anggota GBUS kini mencapai lebih dari 34.000 orang yang datang dari berbagai kalangan, tidak hanya perempuan hamil dan kelompok suami yang menjadi anggota grup, namun bagi perempuan yang belum hamil juga diperbolehkan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini yaitu menyediakan forum berbagi dan berdiskusi secara online dalam Facebook Group “Gentle Birth Untuk Semua”. Secara berkala, anggota Komunitas GBUS mengadakan acara off air (kopi darat) untuk mendiskusikan beberapa topik secara lebih mendalam. Acara tersebut berupa bincang-bincang santai, talkshow, workshop, dan olahraga bersama untuk ibu hamil. Komunitas GBUS juga bekerjasama dengan Komunitas, LSM, serta pihak individu yang memiliki visi sama dalam meningkatkan kualitas kesehatan Ibu dan Bayi.

FOTO: DOK. Komunitas GBUS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *