Masyarakat Relawan Indonesia: Latih dan Berdayakan Relawan Untuk Berikan Perubahan Positif

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) merupakan sebuah organisasi masa independen, universal dan bebas melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak-hak masyarakat dengan berorientasi pada pembangunan masyarakat sipil yang kuat. Komunitas ini beranggotakan individu-individu relawan  yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif pada lingkungannya baik lingkungan mikro maupun makro atas dasar prinsip kesukarelaan sebagai wujud tanggungjawab sosial sebagai individu, sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara, dan sebagai warga dunia.
Dalam menjalankan inti perannya yaitu mengembalikan kesejatian manusia untuk saling memuliakan, MRI menitikberatkan aktivitasnya pada berbagai kegiatan seperti; pelatihan kerelawanan untuk mencetak relawan yang memahami jatidiri dan prinsip kerelawanan, membuka wawasan dan mengasah keterampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan baik penanganan bencana, maupun program kemanusiaan diberbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapula kegiatan pemberdayaan relawan untuk mengasah kepekaaan relawan terhadap lingkungan sosialnya dengan pelibatan relawan dalam aksi-aksi kemanusiaan. Relawan diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dan terjun langsung dalam Respons atas Bencana Alam dan Bencana Kemanusiaan di dalam negeri maupun Dunia Internasional.
 FOTO: DOK. Masyarakat Relawan Muda Indonesia
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *