Emmanuella Mila: Ingin Jadikan Dongeng Sebagai Metode Baru Mendidik Anak

Emmanuella Mila, atau yang dikenal dengan panggilan Kak Mila, adalah founder dari Rumah Dongeng Pelangi (RDP). Atas dasar kecintaannya terhadap dongeng dan dorongan dari penggiat dongeng, juga orang-orang yang peduli terhadap anak-anak, khususnya kaum marginal, hal itulah yang membuatnya mantap untuk mendirikan RDP. Dengan mendirikan RDP ini, Ia ingin kebiasaan mendongeng dapat menyebar dan juga bisa menjadi metode dalam mendidik anak, karena banyak manfaat dan positif yang bisa didapatkan dari mendongeng.

Namun, mendirikan sebuah komunitas tidaklah selalu mulus, saat awal mendirikan Ia dihadapkan pada tantangan persoalan Sumber Daya Manusia yaitu para relawan yang mengelola komunitas yang tidak bisa bertahan cukup lama dan kurang bisa berkomitment. Namun hal ini, kini Ia atasi dengan berusaha selalu konsisten dengan program-program yang dibuat. sehingga komunitas dapat terus berjalan. Selain itu, dengan berbasis kekeluargaan, dan ikhlas, 25 relawan yang sekarang tergabung diberikan kebebasan untuk menuangkan ide-ide saat membuat program, struktur organisasi, dan juga perputaran anggota untuk menjadi project manager disetiap acara.

Selain merawat SDM, demi kelangsungan komunitas, Kak Mila dan teman-temannya pun secara konsisten mengadakan program-program charity, mulai dari pengumpulan donasi via media sosial, sumbangan anggota setiap bulan dan berbagai project komersil seperti mengisi acara ulang tahun, gathering, workshop dll, yang mereka sisihkan untuk kebutuhan komunitas RDP. Hasil kerja kerasnya tersebut, terbayar saat Ia melihat tumbuh kembang anak didiknya dengan baik, dan juga melihat reaksi anak-anak saat menyimak dongeng.

“Melihat anak-anak terhipnotis dengan cerita-cerita yang kami bawakan adalah sesuatu yang tidak ternilai. anak-anak senang, tertawa, ikut hanyut dalam cerita itu adalah bagian yang menyenangkan setiap selesai mendongeng.” Ujarnya Kak Mila, yang merupakan seorang penulis.

Ditengah kesibukannya terjun langsung mengikuti kegiatan RDP, Ia pun tak jarang mengajak keluarga untuk ikut dalam program-program yang dilaksanakan RDP. Ia pun berharap supaya dongeng bisa menjadi habit di era modern sekarang, dongeng bisa menjadi habit bonding antara ibu dan anak, guru dan murid, dan dongeng bisa menjadi metode untuk pendidikan anak.

FOTO: DOK. Emmanuella Mila

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *