JPIT SPAB: Perempuan, Agama, dan Budaya

Jaringan Perempuan Indonesia Timur untuk Studi Perempuan Agama dan Budaya (JPIT SPAB) adalah suatu jaringan yang terdiri dari lebih dari 40 perempuan lintas agama dari daerah-daerah di Indonesia timur (NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Halmahera, dan Papua). Jaringan yang terbentuk bulan Agustus 2009 ini menyepakati untuk memfokuskan kegiatannya pada penelitian dan publikasi pada tiga hal: perempuan, agama, dan budaya. Dalam rapat kerjanya bulan Maret 2010 yang lalu, pengurus JPIT menyepakati untuk menjadikan Tragedi 1965 sebagai salah satu fokus kajian.

Berbeda dengan kajian tahun 1965 yang biasanya fokus kepada mayoritas umat Islam di Pulau Jawa ataupun umat Hindu di Pulau Bali, JPIT menghadirkan perspektif yang sama sekali berbeda. Terdapat narasi sejarah dari area Sumba, Sabu, Alor, Kupang dan kawasan timur lainnya. Banyak dari mereka yang dipenjara dan disiksa, atau suami mereka dibunuh. Publikasi tentang momen sejarah tersebut dapat dilihat disini.

Dokumentasi dan info dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *