Indonesia Berkibar: Gerakan Nasional Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Gerakan Indonesia Berkibar (GIB) adalah sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui perbaikan kualitas guru dan sekolah. Gerakan ini diluncurkan, dengan latar belakang karena banyak masalah pendidikan masih dalam tahap penyelesaian dan beberapa belum ditangani dengan tepat. Lebih dari 1,5 juta remaja tidak bisa menyelesaikan pendidikan; sementara sekitar 13% keadaan kelas di sekolah-sekolah berada dalam situasi memprihatinkan bahkan rusak; lebih dari 54% guru di Indonesia tidak memiliki kualifikasi yang cukup (Statistik Indonesia, 2012). Di sisi lain, Indonesia saat ini tergabung dalam ekonomi G20.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, pemerintah membutuhkan bantuan berbagai pihak untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional, begitu juga dengan memberdayakannya secara efektif. Oleh karena itu, pada tahun 2012 Gerakan Indonesia Berbagi (GIB) diresmikan, dengan Kemitraan berbagai pihak seperti Pemerintah, dan Swasta dan masyarakat, kapasitas dan sumber daya untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia yaitu dengan memperbaiki sekolah demi sekolah.

4 program yang dicanangkan dalam gerakan ini, diantaranya:

  • Peningkatan Profesionalisme Guru:
    Serangkaian program pengembangan guru, yang memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan menyangkut profesionalisme mendasar dan masalah pedagogi bagi para guru. Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan adanya pergeseran paradigma dalam strategi pengembangan strategi pembelajaran yang terdiferensiasi, dan membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran. Program-program yang disediakan ini akan diterapkan di tingkat sekolah menggunakan metodologi pembelajaran eksperensial, perkuliahan, kerja kelompok, pembelajaran kooperatif, simulasi, dan diskusi.
  • Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Sekolah:
    Serangkaian lokakarya pemantapan kompetensi untuk guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mempelajari sifat katalis kepemimpinan dalam sistem pendidikan. Program pelatihan kepemimpinan pendidikan akan meluaskan perspektif para pendidik mengenai profesionalisme dan bagaimana asas kepemimpinan digerakkan secara mendasar oleh kreativitas dan semangat pendidik untuk meningkatkan hasil pembelajaran di sekolah mereka.
  • Tata Kelola Sekolah:
    Program ini dirancang untuk menggali makna sebuah sekolah abad 21. Penekanan utama dalam program ini adalah menggali paradigma-paradigma baru dalam tata kelola sekolah yang mencakup kepemimpinan, budaya sekolah, dan strategi pengembangan profesional untuk pendidik. Beragam metodologiโ€”pelatihan, praktik lapangan, perkuliahan, diskusi, kerja kelompok, dan simulasiโ€”akan diterapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta program.
  • Program Lanjutan:
    Program ini mengembangkan kapasitas para guru dan kepala sekolah atau komunitas sekolah dalam area yang spesifik.

FOTO: DOK. Gerakan Indonesia Berkibar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *