Komunitas Cemara: Bantu Pendidikan Anak-Anak di Bantaran Kali Code

Komunitas Cemara adalah sebuah komunitas yang dirancang dan didekasikan untuk anak-anak yang tinggal di bantaran Kali Code, tepatnya di kawasan RT 18 Belakang Masjid Syuhada Kotabaru dan RT 41, 42 dan 43 di Kampung Jogoyudan. Komunitas ini didirikan sejak 25 Februari 2010, dengan mengadakan berbagai macam kegiatan pendidikan perdamaian untuk membantu anak-anak Kali Code usia SD dan SMP mengenali potensinya dan menggali nilai-nilai positif di tengah kerasnya kehidupan yang harus mereka jalani.

Saat ini ada dua jenis kegiatan yang mereka laksanakan untuk anak-anak di bantaran Kali Code, yaitu pendampingan belajar anak setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat dan workshop tiap hari Minggu yang tema-nya berganti-ganti, sesuai dengan keahlian yang dimiliki dari narasumber-narasumber yang ingin berbagi.

Selain dua kegiatan utama di atas, komunitas cemara juga turut bekerja bersama masyarakat Code dalam menyelesaikan permasalahan insidental masyarakat Code di daerah dampingan. Misalnya saat musibah banjir lahar dingin dari erupsi Gunung Merapi terjadi pada beberapa bulan lalu, mereka turut mengikuti kerja bakti membangun tanggul dan turut menggalang bantuan logistik terutama dalam hal kebutuhan anak-anak. Selain itu, mereka juga ikut menggalang dana untuk salah seorang anak yang putus sekolah karena keterbatasan biaya.

Sebagai sebuah komunitas, mereka memiliki ciri khas tersendiri yaitu ingin mendorong rasa percaya diri berbagai pihak terhadap kemampuannya sehingga semua orang dapat berkontribusi dengan apapun yang dia punya, baik secara material maupun dalam tataran ide atau keahlian. Tidak ada lagi orang yang ragu untuk berbagi karena merasa tidak mempunyai sumber daya untuk dibagi. Selanjutnya, mereka selalu mencoba untuk membangun hubungan yang sifatnya personal serta berkelanjutan antar semua pihak. Semua pihak berada dalam posisi yang setara, saling berbagi dan melengkapi, tanpa membedakan kelas sosial, ekonomi, maupun status-status lainnya.

Sumber: Gudeg.net

FOTO: DOK. Komunitas Cemara

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *