Peringati Hari Kehutanan Sedunia KOPHI Berikan Edukasi Sanitasi

Bertepatan dengan Hari Kehutanan Sedunia yang jatuh pada Minggu, 20 Maret 2016, KOPHI menggelar kegiatan edukasi dengan tajuk KOPHI Panas (Peduli Anak dengan Edukasi dan Sanitasi). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Rusunawa Cibesut, Jakarta Timur. Kegiatan berbasis community service tersebut dihadiri oleh puluhan anak-anak dan orang tua penghuni rusun yang berlokasi tidak jauh dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta.

Antusiasme anak-anak mulai terlihat ketika tim KOPHI datang ke lokasi sejak pagi. Dimulai dengan introduksi mengenai pentingnya menjaga kesehatan diri serta diselingi oleh permainan, anak-anak secara seksama memperhatikan materi yang disajikan. Lalu, dilanjutkan dengan praktik menggunting kuku, gosok gigi, dan mencuci tangan yang dibantu oleh mentor-mentor dari tim KOPHI. “Sekarang kuku aku udah nggak item lagi. Gigi aku juga udah bersih nih sekarang”, tutur Imam sembari menunjukan jari dan giginya yang sudah dibersihkan.

Selain edukasi tentang kesehatan diri, melalui kegiatan ini KOPHI memaparkan materi serta praktik pembuatan tanaman vertikultur. Mengingat Rusunawa Cibesut minim lahan terbuka, maka tanaman vertikultur ialah metode penanaman yang tepat untuk diterapkan. Pada praktiknya, anak-anak dipersilahkan membuat tanaman vertikultur dengan menggunakan botol air mineral bekas, lalu dibentuk dan dihias sesuai dengan kreativitas masing-masing. Setelah itu, dimasukan tanaman-tanaman disertai pupuk dan diakhiri dengan penyiraman secara berkala.

Muhammad Akbar selaku Koordinator kegiatan menuturkan bahwa kegiatan KOPHI Panas hadir untuk menumbuhkan gaya hidup sehat dan cinta lingkungan bagi anak-anak, dimulai dari hal-hal kecil dan dekat dengan mereka. Pasca kegiatan hari ini, KOPHI akan terus memantau anak-anak dan masyarakat agar tercipta keberlanjutan yang nyata. “Setelah hari ini, kita akan kembali datang ke sini (Rusunawa Cibesut) untuk memantau perkembangannya. Mungkin akan disesuaikan dengan waktu-waktu tertentu seperti buka puasa bersama dan lainnya”, tambah Akbar.

Sumber: Website KOPHI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *