Yuk Belajar Menanam Sayuran Dengan Cara Hidroponik!

Memiliki pola hidup sehat adalah harapan setiap orang. Salah satu yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan organik. Untuk mendapatkan makanan yang sehat, khususnya sayuran yang tidak menggunakan pestisida, cara sederhana dan murah yang bisa dilakukan adalah dengan menanam sayuran sendiri.

Berikut ada tips cara menanam sayuran dengan cara hidroponik berdasarkan pengalaman Bunda Eti dari Ngebun.com, portal komunitas pecinta dan penghobi berkebun:

  1. Kalian harus menyiapkan alat dan bahan hidroponik kit untuk bercocok tanam, misalkan memakai sebuah paralon. Lalu pada media tanamnya ada beberapa pilihan dan menurut Bunda Eti yang paling mudah yakni rockwool.
  2. Selanjutnya siapkan benih sayuran. Jika tak ingin repot, cukup beli saja benih di toko pertanian atau penyedia bibit tanaman untuk kemudian bisa langsung ditanam.
  3. Setelah itu, kalian tinggal menyirami benih secara rutin 1-2 kalis sehari. Ingat! pada tahap awal ini sebaiknya jangan menggunakan pupuk dahulu.
  4. Lalu tutup kit dengan plastik selama kurang lebih 3-5 hari. Maksudnya adalah untuk menjaga media tanamnya agar tetap lembab serta hangat sehingga perkecambahan akan lebih optimal. Kemudian, isis hidroponik dengan larutan nutrisi sampai menyentuh bagian bawah dari media tanamnya. Sebagai perhatian, ada baiknya menempatkan hidroponik kit di area yang datar serta mendapat sinar matahari yang cukup.
  5. Pada tahap perawatan kalian bisa menambahkan nutrisi secara berkala demi menjaga kesuburan sayuran. Pemanenan dapat dilakukan setelah sayuran mencapai umur 1 bulanan, tergantung jenis sayuran, kondisi cuaca serta pemberian nutrisi lanjutan. Ini merupakan bagian terpenting karena diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam memelihara sayuran hidroponik agar hasilnya sesuai dengan harapan kalian. Tidak menutup kemungkinan baik hama, gulma atau sejenisnya terkadang menjadi penghambat sehingga perlu diperhatikan pula

Sumber: Ngebun.com

FOTO: DOK. Akun Instagram Muhammad Baiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *