Rumah Merah Putih: Bantu Pendidikan Anak Marjinal Berbasis Pengembangan Karakter

Rumah Merah Putih (RMP) merupakan komunitas independen gerakan kepemudaan di bidang pendidikan. Rumah Merah Putih didirikan berdasarkan kenyataan mirisnya kehidupan sosial yang menimpa anak-anak, terutama mereka yang bekerja di jalanan seolah-olah telah kehilangan masa dini untuk meraih impian dan cita-citanya. Rumah Merah Putih didirikan pada 20 Desember 2012 oleh Aulia Rizqi Nur Abidi dan Indah Khoiriyah.

Kegiatan yang rutin dilakukan komunitas ini adalah kegiatan belajar mengajar anak-anak jalanan di daerah Ciheleut, Bogor Tengah dan daerah Warung Jambu, Kota Bogor. Kegiatan dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Komunitas ini memiliki visi menjadi komunitas yang peduli terhadap pendidikan anak marjinal berbasis pengembangan karakter. Yang akan diwujudkan melalui misi:

  1. Membangun gerakan peduli pendidikan
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi hak pendidikan anak
  3. Mendukung pendidikan formal anak marjinal
  4. Menumbuhkan semangat dan motivasi anak dalam belajar
  5. Mengembangkan potensi anak didik RMP

Sasaran program Rumah Merah Putih ini adalah anak-anak marjinal dan remaja  yang bekerja dijalanan. Kini, anak anak yang sudah mengikuti kegiatan rutin setiap minggunya kurang lebih berjumlah 80 anak (di Warung Jambu dan Kp.Mongol Ciheuleut) dengan komposisi siswa berusia dari 4 tahun hingga 14 tahun. Adapun beberapa program yang telah dilaksanakan oleh Rumah Merah Putih, antara lain:

  1. Program Kakak Asuh; sebagai fasilitator menghimpun dana dari kakak di luar Rumah Merah Putih yang bersedia untuk membiayai sekolah dari anak didik RMP.
  2. Program RMP Peduli Akte; sebagai fasilitator menghimpun kelengkapan berkas anak didik Rumah Merah Putih untuk dibuatkan akte kelahiran.
  3. Program belajar rutin; program ini dilakukan rutin setiap akhir pekan di dua lokasi berbeda, materi yang diberikan seputar baca tulis hitung.
  4. Program Jalanan Berbagi; program tahunan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan program ini dalam bentuk bakti sosial atau kunjungan ke panti di sekitar Bogor.

Sumber: Website Rumah Merah Putih

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *