Ikatan Apoteker Indonesia-Sukabumi: Roadshow Gerakan Pelajar Sadar Obat

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kota Sukabumi melakukan roadshow ke sekolah-sekolah (IAI Kota Sukabumi Go to School, red) dari 24 Februari sampai 12 Maret 2016. Para apoteker ini memberikan pemahaman kepada para pelajar melalui tema Gerakan Pelajar Sadar Obat.

Ketua IAI Cabang Kota Sukabumi, Fachrizal mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian dan kepeduliaan IAI Cabang Kota Sukabumi yang mana apoteker memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan profesinya dan juga berkewajiban memberikan penyuluhan kepada masyarakat termasuk dalam hal ini para pelajar agar memiliki wawasan tentang betapa pentingnya sadar obat.

“Alhamdulillah roadshow dilakukan secara maraton. Sejumlah sekolah telah kita sambangi,” kata Fachrizal yang juga menyebutkan telah bertatap muka dengan para pelajar dari sekolah-sekolah antara lain, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5 juga SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3 di Kota Sukabumi dalam waktu yang berbeda.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilatarbelakangi akan kurang dikenalnya apoteker yang merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan dan juga adanya dorongan dalam memberikan informasi yang akurat mengenai obat terutama tata cara pakai menggunakan obat. “Termasuk penggunaan antibiotik yang baik, benar, dan tepat,” terangnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilakukan IAI Cabang Kota Sukabumi dalam kegiatan Gerakan Pelajar Sadar Obat adalah pengenalan profesi apoteker dan peranannya di dunia kesehatan, pengenalan produk sediaan farmasi, dan penyuluhan dapatkan, gunakan, simpan, buang obat dengan benar (dagusibu), serta wawasan tentang antibiotik.

Foto dan narasi disadur dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *