Solo Travelling Untuk Perempuan

Siapa sih yang nggak senang travelling? Semua senang! Banyak dari kita yang gemar mencari tiket promo untuk penerbangan domestik maupun luar negeri. Tak sedikit juga dari kita yang hobi untuk mengunjungi tempat-tempat yang keren dan menyenangkan. Terkadang, solo travelling merupakan sebuah pilihan satu-satunya karena kendala jadwal teman-teman kalian yang padat maupun kalian hanya ingin saja bepergian sendiri tanpa teman.

Bagaimana bila yang solo travelling itu seorang perempuan? Mbak Elde dari komunitas Backpacker Jakarta, perempuan yang juga sering solo travelling, punya beberapa solusi dari masalah tersebut. Perempuan yang bepergian sendirian memang riskan dan rentan untuk mendapatkan berbagai macam ancaman. Sebenarnya, semua bisa teratasi dari tingkat kepekaan perempuan tersebut dalam menjaga diri dan juga dalam membaca situasi lingkungan sekitar.

Mengenakan pakaian yang mencolok dan aksesoris yang berlebihan dapat mengundang berbagai hal negatif; diantaranya adalah penculikan dan pencopetan. Karenanya, gunakan pakaian yang sewajarnya dan juga nyaman untuk dikenakan. Hal ini untuk mempermudah kalian dalam bergerak.

Terlebih dahulu, siapkanlah ‘jaringan teman’ walau kalian akan bepergian sendirian. Ini diperlukan sebagai tindakan preventif bila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. ‘Jaringan teman’ akan menjadi tempat tujuan atau kontak yang akan dihubungi untuk bantuan atau pertolongan lainnya. Bila ternyata kalian tidak memiliki teman yang tinggal di tempat yang destinasi, pastikan kalian telah mencatat nomor serta alamat rumah sakit, kantor polisi, dll.

Terakhir dan paling penting, jangan bawa banyak barang. Selain berat dan membuat ribet, risikonya juga cukup besar. Kalian bisa saja terlupa meninggalkan beberapa barang, lebih fokus menjaga barang daripada diri sendiri, atau menjadi sasaran empuk penjambretan.

Foto diambil dari laman Instagram milik Backpacker Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *