Tips Agar Kita Menjadi Pemuda-Pemudi Yang Selalu Menjaga Lingkungan

Pada Bincang Hangat Bersama Komunitas, Mas Gito merupakan salah satu wakil dari KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau) yang bersedia kami wawancarai sebentar untuk tips buat teman-teman Komunita. Tips yang diberikannya ini dapat kita praktekkan, mengingat kita merupakan agen perubahan bagi dunia.

Dalam menjaga lingkungan, kita harus aktif dan partisipatif. Mulai dari hal-hal sepele, kita harus kontributif juga. Kita bisa memulai menjaga lingkungan dari tidak membeli plastik belanjaan di swalayan. Mulailah dengan membawa tas belanjaan sendiri. Memang, masih ada swalayan yang memberikan kantung plastik secara cuma-cuma. Ketahuilah, plastik merupakan salah satu sampah yang paling sulit untuk diuraikan. Dengan membawa kantung belanjaan sendiri, maka kamu juga mulai berhemat dengan pemakaian plastik sehari-hari.

Setelahnya, kita bisa menjaga lingkungan dengan merawatnya. Supaya lebih hijau, kita bisa tanam tumbuhan-tumbuhan di dalam pot mini, dan rutin ikut jadwal kerja bakti dengan warga di sekitar kita. Ingat, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita, lho!

Terakhir, buanglah sampah pada tempatnya. Ini merupakan sebuah hal sepele yang sering kita langgar. Biasakanlah membuang sampah di tempat sampah. Buatlah perubahan walau sedikit. Kontribusi kita akan terlihat bertahun-tahun setelah sekarang. Yuk, jaga lingkungan kita agar tetap hijau dan asri!

Foto diambil dari laman Instagram milik KOPHI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *