Komunitas Gowes GBMS Jakarta: Kompak, Sehat dan Peduli

Bersepeda dan kesehatan memiliki kaitan yang sangat erat. Dengan bersepeda, seseorang bisa menjadi lebih bugar, sehingga meningkatkan kesehatan. Lebih dari itu, aktivitas bersepeda juga dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama. Itulah salah satu benang merah yang dilakukan oleh komunitas yang bernama Gowes Bareng Menuju Sehat (GBMS) Jakarta.

Digagas oleh beberapa pegiat sepeda di Jakarta Timur, GBMS Jakarta terbentuk pada 22 Juni tahun 2011, di Condet, Jakarta Timur. Dengan motto ‘Kompak, Sehat dan Peduli’, pembentukan komunitas ini bertujuan untuk menjalin silaturahim di antara penggemar sepeda dan sehat bersama.

Menurut Sony Sumarsono, salah satu aktivis komunitas ini, GBMS memiliki visi, yakni sebagai wadah bagi keluarga besar penggemar olahraga bersepeda, khususnya di Jakarta Timur dan sekitarnya, serta peduli terhadap permasalahan kesehatan dan lingkungan hidup dan tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 70 orang yang menjadi anggota komunitas GBMS Jakarta. Mereka hadir dari berbagai kalangan dari segi usia maupun profesi yang beragam, mulai dari kaum orang dewasa, remaja hingga anak-anak, serta kalangan eksekutif, pensiunan, kalangan militer, ibu rumah tangga, mahasiswa sampai dengan anak-anak. Komunitas ini juga tercatat sebagai salah satu komunitas di KSI (Komite Sepeda Indonesia).

Komunitas GBMS Jakarta memiliki sejumlah kegiatan yang biasa diikuti oleh para anggotanya. Selain gowes bareng yang dilakukan secara rutin, dengan menyambangi rute yang menarik di Jakarta dan luar negeri, anggota komunitas ini juga aktif mengikuti sekaligus memeriahkan Fun Bike, Car Free Day, serta event-event lainnya, seperti peringatan HUT RI dan Hari Pahlawan.

Selain itu, komunitas ini selalu berusaha mendukung kegiatan gowes yang diselenggarakan oleh Pihak Instansi Pemerintah DKI, TNI, maupun Swasta bahkan Kedutaan Besar negara sahabat. Komunitas GBMS juga pernah menerima penghargaan atas partisipasinya dalam Perlombaan Bersepeda Jakarta-Bogor-Jakarta yang menempuh lebih dari 80km, dalam rangka Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh KOSTRAD Jakarta.

Kegiatan sosial juga menjadi agenda dari komunitas GBMS, seperti penanaman pohon, penebaran benih ikan dan memberikan bantuan ke panti sosial di Jakarta. Untuk mempererat persaudaraan dan kekeluargaan di antara anggotanya, komunitas ini ini juga mengadakan arisan.

Taman-taman, setu atau danau serta tempat bersejarah di Jakarta khususnya di Jakarta Timur juga menjadi lokasi bersepeda anggota komunitas GBMS. Hal iu sebagai bagian dari pendidikan kepada anggota komunitas ini, sekaligus mempromosikan tempat-tempat wisata tersebut.

Tertarik untuk bergabung dengan GBMS Jakarta, silakan mengunjungi blog komunitas ini (www.gbmsjakarta.wordpress.com).

Sumber: Sportku.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *