Perbakin Palembang: Kejar Kejuaraan Army se-Asia

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, terus mengupayakan cabang olahraga menembak berkembang di Sumsel. Salah satunya dengan menggelar kejuaran. Tidak hanya dalam batas daerah, namun kalau bisa hingga skala internasional.

Menurut Alex, sapaan akrabnya, yang juga ketua umum Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Sumsel, fasilitas venue Shooting Range Jabaring Sport City (JSC) yang sudah bertaraf internasional, sudah sangat menunjang untuk digelarnya event kejuaraan dunia. Apalagi sebelumnya juga pernah menjadi tempat pertandingan SEA Games XXVI Indonesia 2011.

“Cabang menembak Asian Games XVIII.2018, di kita (Palembang, Red). Tidak hanya itu, kita juga sedang mencoba agar kejuaran menembak Army se-Asia bisa berlangsung di Jakabaring,” ungkap Alex, usai membuka Kejuaraan Gubernur Cup 1 Shooting Championship 2016 di Lapangan Tembak Yonif 200/Rider, Gandus, kemarin (25/3) pagi.

Venue menembak yang dimiliki di Jakabaring juga akan terus di renovasi, meski yang dimiliki sekarang pun sudah cukup bagus. “Tetapi itu akan ditambah lagi. Dari mulai tembak reaksi, plus nomor skip and trap,” jelasnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi para atlet menembak Sumsel sekarang?. Apalagi Sumsel teredekat akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, September mendatang. “Sekarang masih terus training venue Jakabaring. Jadi lapangan tembak Jakabaring sudah ada delapan kamar, semua tinggal disitu, tanpa dipisah. Jadi atlet bisa terus konsen, untuk berlatih, bangun tidur gosok gigi bisa langsung latihan menembak,” timpalnya.

Sebagai informasi, kejuaraan Gubernur Cup 1 Shooting Championship 2016 berlangsung, 25-27 Maret ini. Dengan diikuti kurang lebih 400 peserta, dengan kategori yang diperlombakan kelas 10 meter air pistol putra senior, 10 meter air pistol putra junior, 10 meter air pistol putri senior, dan 10 meter air pistol putri junior.

Ada juga 10 meter air rifle putra senior, 10 meter air rifle putra junior, 10 meter air rifle putri senior dan 10 meter air rifle putri junior. Untuk kelas khusus VVIP hanya dilombakan dikelas center fire. “Kita juga mempelombakan untuk kategori berburu kelas range 100 meter junior, range 200 meter junior dan range 300 meter,” tambah ketua panitia Anto Bambang Utoyo.

Pembukan kejuaraan kian menarik, dengan adanya laga eksibisi langsung oleh Gubernur Sumsel, Pangdam II Sriwijaya Purwadi Mukson, Kapolda Sumsel Joko Prastowo, Mantan Danyon Marinir Letnal Jenderal Asfan, Mantan Pangdam II Sriwijaya Bambang Budi Waluyo, dan jajaran eksekutif lain di kelas khusus bigbore 150 meter. (cj11/ion)

 Foto dan berita diambil dari sumber : sumeks.co.id
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *