Yuk Lakukan “Street-Feeding” Yang Bertanggung Jawab!

Kucing jalanan memang seringkali kita temukan, bahkan bagi orang-orang yang peduli terhadap nasib kucing jalanan mereka secara rutin memberi makan kucing-kucing yang hidup jalanan tersebut, atau yang biasa disebut street feeding.

Kegiatan ini memang positif, namun jangan sampai karena memberikan makan sembarangan, malah mengganggu kenyamanan orang sekitar. Nah, dari komunitas Peduli Kucing memberikan tips untuk bagaimana melakukan “street feeding” yang bertanggung jawab. Berikut hal-hal yang perlu kita perhatikan:

1. Lokasi pemberian makanan

Pisahkan lokasi pemberikan makanan kucing yang kecil dan yang besar, yang jantan dan betina dewasa agar tidak jadi pertengkaran dan perebutan makanan. Taruhlah tempat makanan di tempat yang tidak dilalui banyak orang lalu lalang atau banyak kendaraan yang lalu lalang.

2. Banyaknya makanan

Selalu menyiapkan kelebihan makanan karena terkadang “lebih baik” lebih dari pada kurang, biasanya kucing yang sering diberi makanan tahu waktu tertentu, kapan kita biasa memberi makan mereka dan mereka selalu datang tepat waktu. Kemudian berikan makanan yang cukup dan porsi yang tepat, jangan pula berlebih.

3. Kebersihan

Setelah kita memberikan makanan, sebaiknya kita menggunakan wadah makanan yang sekali buang seperti kertas bekas atau brosur, jangan meninggalkan wadah-wadah tersebut buanglah ke tempat sampah, jadi biar tidak dikomplain dianggap menyampah. Perhatikan jangan sampai makanan yang tersisa jadi terlalu banyak, Karena bisa mendatangkan serangga seperti semut, kecoa bahkan tikus yang bisa membuat orang menegur kebiasaan kita.

4. Edukasi terselubung
Biar orang ikut peduli pada kucing-kucing tersebut, berikan pengertian mengapa kita melakukan hal ini dengan cara yang sabar dan baik, karena tidak semua orang bisa menerima kegiatan ini.

5. Memberi makan kucing dewasa/kucing yang benar-benar liar

Biarkan mereka dengan sikap seperti itu, karena biasanya karena kejadian traumatik yang pernah dialami mereka, yang penting kita tetap memberi mereka makan sudah cukup membantu

6. Perhatikan kesehatan mereka

Jika terlihat ada yang sakit, bawalah ke dokter hewan, bawa perlengkapan ringan seperti salep Mata, salep luka khusus hewan yang banyak dibeli di klinik atau petshop, pembersih tangan hand sanitizer, tissue basah.

7. Yang utama adalah sterilisasi

Perhatikan jika kondisi kucing-kucing dewasa dan mulai sudah dewasa, dan memungkinkan untuk di sterilisasi. Sediakan anggaran untuk steril. Minta tolong kepada dokter hewan dan komunitas kucing/animal rescue, untuk bisa membantu mensterilisasi mereka dengan harga yang terjangkau bahkan gratis dan tindakan sterilisasi yang aman. Karena pemberian makan rutin atau street feeding yang tidak dibarengi dengan sterilsasi akan menyebabkan ledakan populasi kucing di wilayah tertentu, dan tentu saja akan mengganggu lingkungan yang bisa berdampak kebencian dari masyarakat sekitar, bahkan bisa membahayakan nasib kucingnya, karena khawatir kebencian terhadap akibat overpopulasi menimbulkan tindakan ekstrim yang menyebabkan kucing disakiti.

 

FOTO: DOK. Akun Instagram putricisika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *