5 Tips Mudah Membuat Sepeda Onthelmu Terus Kinclong

Sebagai Sepeda Yang memiliki usia sangat tua, tentunya dibutuhkan perawatan yang ekstra agar terus terawat. Merawat sepeda tua sangat diharuskan apa lagi sepeda yang dimiliki sering digunakan tentunya mempunyai sebuah keharusan merawat. Supaya Sepeda onthel terus terawat dan kinclong, berikut ada 5 tips mudah merawat Sepeda Onthel dari Komunitas KOSTI Cirebon
1. Optimal dalam memberi pelumas
Terkadang hal ini terasa sepele, tapi perlakuan yang berbeda terhadap sepeda ontel dalam memberi pelumas lebih pada rantai, roda dan sebagainya harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari karat, kering dan macet.

2. Kontrol rem
Rem bisa jadi optimal jika selalu diperhatikan. Kerusakan biasanya kerap terjadi karena lupa mengontrol rem secara berkala. Untuk menggantinya dengan onderdil lawas sangat sulit karena sudah tak beredar. Contohnya, kampas rem tromol keluaran lawas, susah mendapatkannya saat ini.

3. Karatan? Jangan dikelupas secara kasar
Untuk menghindari karat pada bodi sepeda sebaiknya dicuci secara berkala. Kemudian kelupaslah karat sedikit demi sedikit dengan halus hingga tak terlihat besi rangkanya. Cara terakhir, bisa disemir atau dicat halus.

4. Cucilah sepeda dengan air yang bertekanan sedang
Karena produksi tahun lawas, sepeda ontel membutuhkan kehati-hatian dalam mencucinya, gunakan air tekanan sedang agar tidak merusak bagian-bagian yang rentan terkelupas.

5. Bersihkan rantai dan gear dari kotoran yang menempel
Kebersihan rantai dari debu dan kotoran perlu juga diperhatikan. Jalanan yang berdebu dan becek bisa menyebabkan rantai dan gear gampang kotor dan mengganggu perputaran roda.

FOTO: DOK. Akun Instagram Nanda Putra Ashar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *