Lakukan Cara Ini Untuk Merawat Sepedamu!

Aktifitas Gowes yang kita lakukan terkadang melewati medan-medan berat dan tidak selalu dijalan beraspal, medan yang ditempuh terkadang melawati jalur kering maupun basah sehingga membuat sepeda yang kita gunakan menjadi ‘belepotan’ kotor penuh dengan tanah yang menempel diseluruh bagian sepeda.

Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, butuh penanganan khusus ketika membersihkannya. Berikut ini ada Cara dan Tips Perawatan Sepeda dari Komunitas Gowes :

1. Air Sabun

Langkah Pertama gunakanlah air sabun (detergen) atau lebih bagusnya pakai shampo khusus yang biasa digunakan untuk motor agar dapat menghilangkan serta melarutkan lumpur atau tanah yang menempel diseluruh bagian body dan ban sepeda.

Gunakanlah kain lap, sikat dan kuas untuk membantu membersihkan sepeda sampai bagian yang sulit dijangkau, hindari semprotan secara langsung pada seluruh bagian sepeda karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke bagian laker dan gear yang akan membuat karat dibagian dalamnya.

2. Minyak Tanah

Khusus untuk memberishkan bagian gear, rantai, fork dan laker ban maka gunakanlah minyak tanah untuk melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Khusus bagian rantai, bersihkan secara segmen per segmen rantainya dari tanah dan pasir yang menempel untuk memperlancar gesekan antar segmen rantai.

3. Oli

Setelah seluruh bagian sepeda dibersikan dari kotoran yang membandel, semprotkanlah oli pada bagian seperti rantai, gear, suspensi fork. Oli juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada aluminium yang seringkali muncul di bagian breaker-handle.

Jika langkah diatas rutin dilakukan, maka hasilnya adalah :

  • Sepeda berjalan dengan mulus
  • Komponen dan bagian sepeda lainnya menjadi awet
  • Sepeda lebih aman dikendarai
  • Menghemat biaya perbaikan

 

FOTO: DOK. Akun Instagram Arixeordinary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *