Mau Pelihara Kucing? Pelajari Perawatan Dasarnya Lebih Dulu

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan dan banyak digemari. Bagi teman-teman yang berencana untuk memelihara kucing, ada baiknya pelajari lebih dahulu tentang perawatan dasar untuk pelihara kucing, supaya bisa menjadi pemilik kucing yang bertanggungjawab.

Nah, apa saja yang harus kalian pelajari? Berikut ada tipsnya dari Komunitas Peduli Kucing:

  1. Tempat tinggal yang layak, TIDAK BOLEH mengurung kucing peliharaan anda dalam kandang secara terus menerus, karena mereka juga butuh sosialisasi, dan biarpun kucing dipiara secara outdoor sediakan tempat berlindung dari panas dan dinginnya cuaca, lebih disarankan untuk memelihara kucing secara INDOOR, karena secara otomatis kucing akan lebih sehat dan tidak mudah tertular penyakit dari kucing-kucing lain, biasanya dari kucing liar.
  2. Makanan dan Minuman yang layak, biasakan dengan makanan khusus untuk kucing, sekaligus dapat melatih mereka untuk tidak mengganggu pada saat kita atau anggota keluarga lain bahkan tamu ketika sedang makan, jangan biarkan kucing anda kelaparan sampai harus mencari-cari makanan di tempat sampah.
  3. Kasih Sayang dan perhatian, berkata-kata lembut dan usapan yang menunjukan bahkan kita sayang kepada mereka, ajaklah bermain, selain menghibur pemilik, kucing juga ikut bahagia.
  4. Kesehatan dan Kebersihan, perhatikan kondisi kucing terutama bulu dan kulit jangan sampai diserang kutu dan jamur, karena merupakan penyakit utama kucing, jika kurangnya kebersihan. Lalu lokasi tempat tidur mereka dan tempat mereka buang kotoran harus diperhatikan karena bisa mempengaruhi kesehatan pemilik kucing juga.
    Bawalah segera kucing ke Dokter Hewan jika kucing anda sakit. Mandikan secara rutin, potong kukunya, untuk kucing berbulu pendek untuk jadwal mandi lebih jarang, sedangkan kucing berbulu panjang ada perawatan khusus bulu seperti sisir khusus dan mandi paling tidak 2 minggu sekali. Kemudian siapkan obat-obatan standar obat cacing, obat kutu dan jamur dan vitamin tamban untuk kucing. Rawat lah bulu kucing sesuai dengan jenis rasnya. Jika memang ras yang berbulu panjang, cari tahulah cara perawatan terbaik untuk jenis yang berbulu panjang.
  5. Vaksinasi, vaksinasi rutin berkala dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing, jadi kucing tidak mudah terserang penyakit berbahaya. Karena biaya pengobatannya jauh lebih mahal dari biaya vaksinasi itu sendiri.
    Hubungi Dokter Hewan anda untuk proses dan jadwal vaksinasi.
  6. Sterilisasi Kucing anda pada Dokter Hewan jika sudah cukup umur, selain membuat kucing anda lebih sehat, anda sekaligus sudah membantu pengontrolan populasi kucing liar tidak berarah.
  7. Karena ASAL MUASAL KUCING LIAR adalah KUCING RUMAHAN yang dipiara secara ceroboh kemudian dibuang oleh pemilik yang tidak bertanggung jawab, yang biasanya dibuang dalam keadaan hamil, atau bahkan masih berupa kucing-kucing kecil, dengan sterilisasi kita bisa membantu mengatur populasi kucing-kucing liar yang sudah tidak terkontrol.
    Tanyakan proses sterilisasi secara details kepada Dokter Hewan anda, dari proses sterilsasi hingga perawatan pasca operasi, tapi sekarang tekhnologi kedokteran hewan sudah berkembang pesat sehingga tindakan sterilisasi menjadi aman dan sekaligus penyembuhannya lebih baik dan cepat.

Sumber: pedulikucing.org

FOTO: DOK. Akun Instagram machinostr_cats

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *