Trik Fotografi Macro Serangga Dengan Kamera Ponsel

Fotografi Macro adalah teknik pengambilan foto objek dalam jarak yang sangat dekat, untuk mendapatkan detil objek yang berukuran sangat kecil (kurang dari 2 cm). Pengambilan foto macro biasanya dilakukan dengan kamera DSLR, dengan menggunakan lensa khusus yang biasanya harganya bisa dibilang sangat mahal.

Dengan berkembangnya kamera pada handphone maupun smartphone, apakah pengambilan foto dengan teknik macro ini bisa dilakukan dengan kamera hp? Jawabannya adalah sangat bisa. Dan salah satu objek yang sering dijadikan untuk foto macro adalah serangga.

Nah, jika kalian tertarik untuk fotografi macro serangga, silahkan simak tips berikut ini dari Komunitas COFERONE Indonesia:

  • Lakukan di pagi hari antara matahari terbit sampai sekitar jam 9 pagi. Selain pencahayaan matahari masih sangat soft, serangga pada jam-jam tersebut masih jinak dan belum terlalu agresif, sehingga kita bisa leluasa untuk bisa mengambil foto mereka.
  • Hindari angin yang bertiup, karena objek yang bergerak walaupun sedikit akan menyulitkan kita. Pergerakan sedikit pada objek maupun tangan kita berarti miss focus.
  • Berjalanlah hati-hati, atau bila perlu mengendap-endap. Jangan melakukan gerakan yang mengejutkan, atau serangga yang anda incar akan lari.
  • Jeli dan teliti, karena objek macro berukuran sangat kecil. Dituntut kejelian kita untuk bisa menemukan keberadaan mereka. Kadang kalau tidak teliti, serangga yang sudah ada di depan kita tidak terlihat, dan lewatlah moment yang kita tunggu-tunggu.
  • Kalau serangga sudah bisa dipotret, ambil gambar berkali-kali, dengan angle yang berbeda. Sehingga kita bisa memilih dan menentukan foto yang benar-benar perfect.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan kamera ponselmu!

Sumber: Blog Komunitas Coferone Indonesia

FOTO: DOK. Akun Instagram mustzain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *