#AKSI5MENIT; AJANG KOMUNITAS UNJUK KREATIVITAS

Sabtu, 9 April 2016, Sebangsa menggelar acara KOPDAR (Kopi Darat) 100 Komunitas di Gedung Telkom Jakarta Selatan. Seperti yang sudah diketahui bahwa sebelumnya Sebangsa telah meluncurkan Gerakan Bangkit Komunitas 2016 dan Media Lintas Komunitas, KOMUNITA.ID, sebuah gerakan pemberdayaan diri dari komunitas untuk komunitas untuk meningkatkan kapasitas komunitas yang sudah ada maupun menginspirasi teman-teman untuk memulai komunitasnya di berbagai bidang.

Acara KOPDAR 100 Komunitas ini digelar untuk mempererat kolaborasi antarkomunitas, yang diisi dengan berbagai kegiatan seru untuk menambah kapasitas komunitas dan juga memperluas jejaring komunitas; mulai dari sosialisasi modul komunitas, sosialisai cara menggunakan Sebangsa Apps, diskusi panel bertajuk #3berbagi yang menyiapkan kiat-kiat untuk membesarkan komunitas, aksi penampilan komunitas dan kuis menarik lainnya.

Pukul 09.00 peserta perwakilan dari berbagai komunitas sudah mulai berdatangan dan melakukan registrasi. Komunitas yang hadir pun, tidak hanya dari wilayah Jabodetabek saja, ada Komunitas Wisata Mistis dari Bandung, bahkan Komunitas Pancadarma Indramayu, datang langsung dari Indramayu. Untuk menghangatkan dan menguji kekompakan para peserta yang sudah memenuhi ruangan, acara pun dimulai dengan bermain games. Permainan “salah-benar” dan “tangkap-badak” sukses menguras tenaga dan tawa para peserta.

Setelah selesai sesi games, acara dibuka dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dari Enda Nasution selaku CEO dan Co-Founder Sebangsa dan Indira B. Widjonarko selaku Chairwoman dan Founder Sebangsa. Dalam kesempatan ini, ada Asep Kambali (Founder Komunitas Historia Indonesia dan Presiden Paguyuban Asep) dan Ainun Chomsun (Founder Akademi Berbagi), mereka selaku perwakilan dari Dewan Penasihat Komunita.id berbagi cerita inspiratif tentang perjalanannya dalam membangun komunitas.

Selesai makan siang, acara dilanjutkan dengan diskusi panel bertajuk #3Berbagi, yaitu sesi diskusi dengan 3 pakar dari berbagai bidang yang berbagi kiat-kiat untuk membesarkan komunitas dari berbagai sisi, yang dimoderatori oleh Indira B. Widjonarko. Ketiga pakar tersebut diantaranya; Adi Widjonarko yang berbagi mengenai StartUp vs Komunitas, Andri Wardhana berbagi mengenai manajemen Sumber Daya Manusia dalam Komunitas, dan terakhir ada Enda Nasution yang berbagi kiat-kiat membesarkan komunitas melalui media sosial.

Acara berjalan begitu semarak hingga sore hari, tampak peserta dari berbagai komunitas semakin memadati ruangan. Tibalah pada acara puncak yang ditunggu-tunggu, yaitu penampilan komunitas dalam #Aksi5Menit. Ada 9 Komunitas dengan berbagai kreasi yang berbeda meramaikan acara KOPDAR #100Komunitas, yaitu Vocal Group Komunitas 1111, Stand Up UIN, Mini Parodi dari Komunitas Bukalapak, Aksi Teatrikal Sanggar Rumah Pijar, Aksi Michael Jackson Lovers Indonesia, Vocal Group Komunitas Fakta Bahasa Bekasi, Tari Tradisional dari Komunitas Sobat Budaya Jakarta, Band dari Music Box Community dan juga aksi Hip Hop Dance dari Depok Hip Hop Clan.

Pukul 16.30, acara ditutup dengan mengumumkan pemenang dari berbagai kuis online di Sebangsa Apps. Acara KOPDAR 100 Komunitas ini terselenggara dengan lancar dan meriah berkat dukungan dari BUKALAPAK, KOMINFO, Telkom Indonesia, Astra International, Nutrifood, Nestle dan Danone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *