Komunitas Jakarta Nyastra, Apresiasikan Berbagai Karya Sastra

Komunitas – Komunitas Jakarta Nyastra ini dibentuk oleh Fadli Mubarak Arsya, seorang mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro Semarang pada 28 Juni 2015. Ide awalnya muncul dari salah satu mata kuliah yang ia pelajari yaitu Sastra Cyber. Dengan memanfaatkan dunia maya, pria yang akrab disapa Acoy ini membentuk Komunitas Jakarta Nyastra melalui aplikasi messenger Line.

Gayung bersambut, banyak followers yang menyukainya. Melalui akun itu, Acoy mengajak followers untuk berkumpul di kawasan Taman Langsat, Barito. Sekitar 20 orang hadir di pertemuan pertama itu dan mampu memamerkan kemampuan sastra mereka. Mulai membaca puisi karya sendiri, karya penulis Indonesia dan lainnya.

Pertemuan kedua pun digagasnya dan diadakan di Warung Apresiasi (Wapres) di kawasan Bulungan. Acara yang dikemas lebih formal itu mampu mengundang  banyak untuk menunjukkan aksi mereka membacakan puisi sendiri, musikalisasi puisi dan karya sastra lainnya. Diakui Acoy, member Komunitas Jakarta Nyastra tercatat sebanyak 56 orang anggota aktif se-Jabotabek. Mereka datang dari berbagai kalangan. Mulai siswa, mahasiswa hingga pekerja dengan rentang usia 16-26 tahun.

Hafendra Adam, Admin Official Account Komunitas Jakarta Nyastra menambahkan komunitas ini merupakan ruang bagi pecinta sastra untuk diskusi dan membahas berbagai kumpulan cerpen, sejarah sastra Indonesia dan luar negeri. “Biasanya kami berkumpul membuka ruang diskusi dengan saling mengapresiasikan karya sendiri dan orang lain,” jelas mahasiswa jurusan Sastra Rusia, Universitas Indonesia tersebut. Di penghujung 2015, komunitas ini mengadakan gathering  dengan mengumpulkan 25 anggotanya dan mengundang salah satu anggotanya yang juga Penulis Antologi Puisi Skenario Menyusun Antena, Galeh Pramudianto.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *