Komunitas Kutu Vespa, Wadah Para Penggemar Vespa Klasik dan Modern

Siapa tak kenal Vespa? Motor lansiran Negeri Pizza tersebut sudah mengaspal di jalanan Indonesia sejak awal tahun 60-an. Di Indonesia banyak sekali komunitas sepeda motor yang bermunculan, salah satunya adalah komunitas Kutu Vespa (KuVes). Bagi mereka, semua orang bisa bergabung asal punya Vespa dan SIM C.

Sama seperti kota-kota lainya, KuVes juga ada di Tangerang. KuVes Distrik Tangerang terbentuk dari ide para scooterist di Kota Industri ini. Rhaka Kautsar, Ketua KuVes Distrik Tangerang menjelaskan, KuVes hadir karena ketiadaan komunitas yang mewadahi para pemilik Vespa klasik dan modern. “Maka itu, kehadiran KuVes mendapat respon yang baik. KuVes juga tidak mempermasalahkan usia, profesi, jenis Vespa, maupun jenis kelamin. Semua boleh bergabung. Terpenting punya SIM C dan Vespa yang tidak dimodifikasi,” ujarnya.

KuVes pertama kali terbentuk pada 17 Agustus 2014. Lahir di kawasan Kemang, Jakarta, KuVes berkembang dan tersebar ke berbagai daerah seperti Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Palembang, Riau, Medan, Bengkulu, Balikpapan, dan Samarinda. “Bisa dikatakan kami bersekutu, makanya kami tersebar ke berbagai daerah, termasuk Tangerang. Secara resmi, KuVes Distrik Tangerang sendiri lahir pada 19 Juni 2015. Wartansu (Warung Ketan Susu) Islamic Village jadi markas dan tempat berkumpul kami sejauh ini,” timpal Surya Sapar Riga, Wakil Ketua KuVes Distrik Tangerang.

Meski baru berusia beberapa bulan, KuVes Distrik Tangerang memiliki banyak anggota. Sampai akhir tahun ini, tercatat sudah lebih dari 85 scooterist bergabung dengan komunitas. Mereka selalu berkumpul pada setiap kegiatan dan event komunitas. “Sejauh ini kami baru melakukan kegiatan santunan anak yatim dan membuat perpustakaan mini di sekolah yang kurang mampu. Di samping itu, kami juga pernah mengikuti event perkumpulan seluruh komunitas bersama Dispora Tangerang. Selain sebagai ajang kumpul, kegiatan ini juga akan rutin kami lakukan demi menjaga silaturahmi antaranggota,” ucap Surya.

Selain kegiatan sosial, lanjut Surya, KuVest Distrik Tangerang juga akan rutin mengadakan kegiatan safety riding. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran pengemudi dalam berkendara motor ini dilakukan secara terpusat karena bekerja sama dengan KuVes di kota-kota lain.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *