Komunitas Soka Gakkai Indonesia: Prakarsai Harkat dan Martabat Manusia

Pada tanggal 13 Juli 2004, berdirilah sebuah organisasi yang bernama Soka Gakkai Indonesia. Tujuan dari komunitas ini adalah memprakarsai kesamaan harkat dan martabat kemanusiaan dengan mempromosikan kegiatan perdamaian, kebudayaan, pendidikan dan menciptakan nilai tertinggi dalam kehidupan.

Peter Nurhan, ketua umum Soka Gakkai Indonesia, mengatakan semuanya terangkum dalam tindakan altruistis dan semangat humanis Buddhisme Nichiren Daishonin, merupakan cikal bakal organisasi umat awam Soka Gakkai Internasional.  Soka Gakkai sendiri didirikan pada 1930 di Jepang oleh Tsunesaburo Makiguchi, seorang penulis dan pendidik yang terinspirasi oleh Buddhisme Nichiren.

“Penganut Buddhisme Nichiren sudah ada sejak 750 tahun silam. Penganutnya saat ini tergabung dalam jaringan Soka Gakkai Internasional yang menyebar di 190 negara,” ujarnya.

Kata Soka Gakkai, sambungnya, berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti menciptakan nilai. Dalam arti mengenalkan nilai dasar serta prinsip Buddha tentang kehidupan manusia ke arah yang lebih baik.

Kepemimpinan Soka Gakkai dikomandoi oleh Guru Daisaku Ikeda (Daikeda), 82 tahun. Kesederhanaan dan kesahajaan Daikeda membawa angin segar dalam penyebaran Soka Gakkai, termasuk di Tanah Air. ”Sebenarnya aliran Buddha Nichiren sudah lama masuk ke Indonesia. Resminya belum lama ini saja,” jelas Peter saat ditemui Info Pluit Kapuk.

Menurut Peter, dalam rentan waktu yang singkat, anggota Soka Gakkai Indonesia telah mencapai 10 ribu orang, dari Sabang samapai Merauke. Peter pun meyakini, nantinya  jumlah ini akan terus bertambah lantarann filsafat inti ajaran sangat menggugah umat Buddha. Selain faktor kuatnya karisma Sang Guru Daikeda, yang tak hanya piawai sebagai tokoh agama, filsafat dan sosial politik, inti ajaran filsafat Soka Gakkai Internasional pun bak sihir yang menarik hati, yaitu revolusi manusia.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *