Yuk, Kenali Makanan Yang Harus Dijauhi Burung Peliharaanmu!

Bagi kalian yang memelihara burung, tips ini penting untuk kalian simak. Tips ini diambil dari web resmi Indonesian Parrot Lovers, sebuah komunitas dan ajang komunikasi bagi pecinta parrot.

Coklat merupakan racun bagi burung. Coklat, dalam bentuk apapun, tidak boleh diberi makan dengan burung. Gejala toksikosis coklat mungkin termasuk disorientasi, hiperaktif, muntah, diare, denyut jantung tidak teratur, kejang, kotoran berwarna gelap dan kematian. Seram! 🙁

Beberapa jenis alpukat adalah racun bagi burung. Kulit, daging atau lubang dari buah ini mungkin mengandung racun, sehingga yang terbaik adalah untuk tidak memberi makan alpukat sama sekali.

Kafein juga racun bagi burung. Tidak ada produk yang mengandung kafein yang bisa ditawarkan kepada burung (termasuk kopi, teh, cola minuman).

Konsumsi berlebihan garam meja (natrium klorida) dapat menyebabkan rasa haus meningkat, peningkatan konsumsi air, buang air kecil meningkat, depresi, gairah saraf, tremor, inkoordinasi dan kematian bagi burung peliharaan kalian.

Hindari juga memberi bawang ke burung peliharaan kita.

Minuman beralkohol dapat menyebabkan ketiadaan koordinasi dan kematian. Burung tidak boleh diizinkan akses ke produk yang mengandung etanol (alkohol). Jangan sala kasih minuman, ya!

Beberapa biji-bijian dapat menjadi racun bagi burung. Biji apel mengandung sianida. Lebih baik, kita cari aman. Kupas dulu apel dan buang semua bijinya sebelum menyajikannya kepada burung-burung kesayangan kalian. Ceri, plum, aprikot dan buah persik merupakan buah-buahan yang aman, tetapi bijinya memproduksi glikosida sianogen (yang melepaskan sianida secara cuma-cuma).

Peterseli telah dilaporkan menjadi racun bagi burung. Hal ini hanya terbukti menyebabkan fotosensitivitas sinar matahari di bebek dan burung unta.

Narasi dan foto diambil dari sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *