Komunitas Peduli ASI Balikpapan: menyebarluaskan informasi manfaat pemberian ASI secara eksklusif

Komunitas Peduli ASI Balikpapan (KPAB) merupakan suatu komunitas pendukung pemberian ASI Eksklusif, yang dibentuk pada Januari 2013 dan beranggotakan sekelompok orangtua maupun calon orangtua yang memiliki kepedulian tinggi akan komitmen pemberian ASI Eksklusif kepada bayi usia 0-6 bulan yang dilanjutkan hingga usia 2 tahun, di wilayah Balikpapan. Saat ini KPAB yang di naungi oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, telah memiliki 19 orang pengurus dan sekitar 50 orang anggota. Diharapkan seiring waktu, jumlah anggota KPAB akan terus bertambah dan merata dari seluruh Balikpapan.

Latar belakang terbentuknya KPAB adalah karena rendahnya persentase jumlah ibu menyusui di Balikpapan, yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya ilmu pengetahuan mengenai ASI dan menyusui yang dimiliki oleh orangtua, kurangnya dukungan yang diberikan oleh lingkungan kepada ibu menyusui, tidak tersedia ruang-ruang atau pojok laktasi yang bisa dikunjungi oleh ibu menyusui, pemberian informasi tentang ASI dan menyusui yang tidak tepat dan akurat oleh fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan, dan lain sebagainya. Kondisi ini diperburuk dengan tidak adanya komunitas pendukung ibu menyusui maupun konselor menyusui yang dapat memberikan pencerahan kepada tenaga kesehatan, orangtua dan masyarakat pada umumnya.

Sebagai kota metropolitan dengan banyak perusahaan asing yang berdiri di sini, Balikpapan menjadi sasaran empuk bagi produsen susu formula untuk melebarkan sayapnya. Hal ini terbukti dari tingginya konsumsi susu formula merk “S” di Balikpapan. Di sisi lain, minimnya akses informasi bagi calon ibu hamil dan ibu menyusui, memperparah kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, tujuan utama KPAB adalah untuk semakin menyebarluaskan informasi mengenai manfaat pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif untuk bayi selama 6 bulan dan diteruskan hingga 2 tahun atau lebih kepada tenaga kesehatan, orangtua dan masyarakat umum di Balikpapan. Dari segi kesehatan, pemberian ASI eksklusif ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi imunitas bayi di masa-masa awal kehidupannya dan juga untuk kesehatannya di masa yang akan datang. Bayi yang diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan hingga 2 tahun atau lebih akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih bagus, jarang terkena penyakit akibat virus dan infeksi, serta mendapatkan kandungan nutrisi yang sempurna, lengkap dan seimbang, yang didapat hanya dari ASI.

KPAB memiliki komitmen untuk bersama-sama saling bahu-membahu meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap pemberian ASI Eksklusif demi peningkatan kualitas kesehatan anak-anak Indonesia, khususnya di wilayah Balikpapan. Menyusui merupakan hak seorang ibu dan mendapatkan ASI Eksklusif adalah hak dari setiap bayi. Oleh karena itu, adalah tugas kita bersama untuk untuk melindungi hak keduanya dengan memberikan dukungan penuh kepada setiap ibu menyusui, agar keberhasilan pemberian ASI Eksklusif dapat tercapai.

Sumber: Blog Komunitas ASI Balikpapan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *