Komunitas Sehat Jiwa: Hapuskan Stigma Negatif Terhadap Penderita Gangguan Jiwa

Komunitas Sehat Jiwa yang disingkat KSJ berdiri pada tanggal 31 Oktober 2009 yang diprakarsai oleh  Nurhamid Karnaatmaja bersama  dr. Syafari Soma, SpKJ dan  Hadi Komara Purkoni, S.S.,M.MPd. di Cianjur.  Nurhamid Karnaatmaja adalah seorang guru di Kec. Cibeber, beliau menggagas adanya lembaga ini karena tergugah setelah membawa saudaranya yang menderita gangguan kejiwaan untuk berobat ke Poli Jiwa RSUD Cianjur yang paramedisnya adalah  dr. Syafari Soma, SpKJ.

Pengalaman membawa berobat kesehatan jiwa saudaranya ini membuka pikirannya bahwa gangguan kejiwaan merupakan penyakit yang bisa sembuh dan bisa diobati secara medis, bukan hal yang bersifat irasional. Sementara itu mereka yang mengalami gangguan kejiwaan ini oleh masyarakat sudah dalam stigma negative dan termarjinalkan, sungguh hal yang tidak adil bagi mereka yang mengalami gangguan kejiwaan. Realita menunjukkan bahwa mayoritas penderita gangguan kejiwaan adalah masyarakat yang tidak mampu sehingga kesulitan dalam menangani kesehatannya dan di lain pihak kepedulian pemerintah baik pusat maupun daerah dalam masalah kesehatan jiwa masih sangat kurang maksimal bahkan cenderung masih dianaktirikan dibanding masalah kesehatan fisik yang lain. Hal ini bisa tunjukkan misalnya saja, pelayanan kesehatan jiwa di RSUD Cianjur masih minim, beliau mengeluhkan pelayanan RSUD terhadap pasien gangguan jiwa. Dengan dokter ahli jiwa seorang diri dan hari praktek Rabu saja dalam seminggu, sering kali pasien yang membutuhkan pelayanan tidak terakomodasi. “Dalam sebulan ini saya membawa empat warga yang mengalami gangguan jiwa, namun sayang tidak mendapatkan pelayanan prima karena dokternya hanya seorang dan fasilitasnya morat-marit. Padahal, pelayanan pasien gangguan jiwa pun merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang mesti diindahkan” sebagaimana ungkapan beliau yang dilansir PR pada tanggal 10 Juli 2009.

Seiring dengan kepedulian beliau dengan banyak membantu penderita gangguan kejiwaan untuk berobat secara benar melalui jalur paramedic dan semakin seringnya interaksi beliau dengan  dr. Syafari Soma, SpKJ, maka beliau kemudian mengajak sahabat beliau yaitu  Hadi Komara Purkoni, SS, M.MPd untuk bersama-sama berjuang mengangkat derajat kemanusian dari para penderita masalah gangguan kejiwaan. Karena apapun alasannya kalaulah masalah kesehatan jiwa tidak ditangani secara serius tentu akan berpengaruh kepada Indeks Pembangunan Manusia. Posisi kesehatan mempunyai korelasi terhadap tingkat produktivitas masyarakat. Kesehatan fisik tanpa kesehatan jiwa dan lingkungan yang mendukung, tidak akan dapat menghasilkan manusia yang mumpuni dan berkualitas.

Tonggak sejarah terpancang pada tanggal 31 Oktober 2009 di Cianjur,  Nurhamid Karnaatmaja bersama dr. Syafari Soma, SpKJ dan dibantu  Hadi Komara Purkoni, SS, M.MPd mendeklarasikan beridirinya Komunitas Sehat Jiwa yang disingkat KSJ. Pendirian KSJ ini digelar dengan bersamaan dengan diselenggarakannya Saresehan Kesehatan Jiwa yang baru pertama kali diadakan di Cianjur bertempat di Aula RSUD Cianjur.

Sebagaimana yang tertuang dalam AD ART KSJ disebutkan bahwa KSJ adalah lembaga yang memberi dukungan bagi orang dengan masalah kesehatan jiwa dan keluarganya. Lembaga ini bersifat independen dan tidak berpolitik- praktis.

Sumber: Blog Komunitas Sehat Jiwa

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *