Hal-Hal Yang Mesti Kita Lakukan Sebelum Memotret

Ada bebeberapa hal yang harus selalu diperhatikan dan dijadikan sebuah kebiasaan sebelum anda pergi untuk memotret karena dengan dibiasakan disiplin dan tidak ngasal, apa yang ingin anda hasilkan dengan kamera anda tentunya tidak akan ngasal pula bukan?

Berikut ini beberapa tips persiapan apa saja yang mesti kita lakukan sebelum memotret yang saya dapatkan dari Komunitas Nikon D3100 Indonesia yang saat ini cukup memiliki banyak peminat di kalangan kelas Entry Level Kamera DSLR:

  1. Pastikan membawa baterai dan MMC cadangan. Apalagi kalau suka merekam video dan NEF shooter.
  2. Pastikan apa yang mau anda hunting sudah anda ketahui sebelumnya dengan melihat-lihat foto yang berkaitan dengan tema hunting agar ide-ide bisa berkembang.
  3. Cukup istirahat karena akan mempengaruhi respon atas moment / pemilihan angle.
  4. Setting kamera yg tidak boleh terlewatkan, WB dan ISO, set sesuai konsep yang ada di pikiran anda. kalau tidak tahu, set WB auto, mode A, ISO set di 100, ISO sensitivity max 3200 untuk tempat agak-agak gelap.
  5. ADL bisa ON/OFF sesuai selera. Fungsi ADL yaitu untuk mencerahkan bagian-bagian yang gelap. Untuk NEF shooter sebaiknya di OFF, karena kurva brightness and contrast gak bisa di set sesuai picture controlnya (Overrided by ADL).
  6. Picture control pada intinya semua oke, dipergunakan sesuai keadaan dan selera. Tapi kalo mau lebih Oke (subyektif), pilih NETRAL naikkan sharpen di angka 5 atau 6, saturasi +1 (pemakai lensa kit 18-55mm).
  7. Maksimalkan fungsi kamera. Misal BUTTON, set sesuai keinginan untuk memudahkan action anda di tempat hunting. Akan merepotkan anda jika di tempat hunting anda masih berkutat dalam mencari setting kamera. Di tempat hunting konsentrasinya adalah set exposure and moment.
  8. AF area mode jangan sampai salah pilih. Nama folder beri sesuai nama yang diinginkan. AF assist matikan jika suasana tempat hunting tidak gelap, hemat batere.
  9. Gunakan metering sesuai penggunaannya. Untuk lebih mengerti, pada menu metering tekan tombol “?” untuk help text atas opsi menu tsb.
  10. Gak usah malu kalo misal anda masih pake mode P atau mode shooting lainnya. Hasil foto bagus tidak selalu dicapai dengan setting M. Setting M hanya untuk memudahkan kendali fotografer atas kamera agar kamera bertindak sesuai keinginan fotografer. Jadi kalo memang anda merasa mode M mempersulit anda ya pakai mode lainnya. D3100 adalah kamera cerdas, gunakan kecerdasannya untuk mempermudah anda.
  11. Selalu siap untuk hal tak terduga, misal hujan, naik perahu, masuk genangan air, jalan kaki jauh, masuk hutan dsb.
  12. Inti dari foto adalah pemilihan setting exposure, perhatikan cahaya yang mengenai obyek, komposisi, moment, konsep dan opini.

Sumber: Blog Billix Photography

FOTO: DOK. Akun Instagram poopie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *