Forum Komunitas Hijau (FKH) Tanam 400 Bibit Pohon Peringati Hari Bumi

Aksi hijau memperingati Hari Bumi 2016 oleh organisasi masyarakat pencinta lingkungan Forum Komunitas Hijau Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan menanam 400 bibit pohon di ruang terbuka hijau milik Perusahaan Daerah Air Minum Bandarmasih Banjarmasin.

“Alhamdulillah, sebanyak 400 bibit pohon berhasil kami tanam di RTH milik PDAM itu, di Jalan Pramuka Banjarmasin,” kata Sekretaris Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin Hasan Z, di Banjarmasin, Sabtu.

Penanaman sebanyak 400 bibit pohon tersebut berarti di lokasi RTH PDAM itu sudah 600 bibit yang ditanam FKH, mengingat enam bulan sebelumnya sudah ditanam sebanyak 200 pohon.

Bibit pohon yang ditanam tersebut kebanyakan asli tanaman Kalimantan, seperti bibit enau (arena) ditanam sebelumnya kini sudah setinggi sekitar satu meter, kemudian tanaman sirang (sejenis palm) tetapi pohonnya berduri.

Kemudian juga ditanam pohon risi (sejenis enau) yang biasa di Desa Tangkai Daun yang panjang digunakan untuk tongkat pancil atau kail, kata Hasan pula.

Adapula bibit pohon buah kacapuri, pohon buah mentega, bibit jaring atau jengkol, petai, mahoni, trembesi, bunga tanjung, pulantan, dan aneka jenis pohon lainnya.

“Kami berkeinginan lokasi menjadi hutan kota, burung berkicau bersahutan dengan suara merdu ditambah suara satwa lainnya yang akan memunculkan sebuah orkestra alam yang indah didengar, bajing dan tupai berlompat-lompatan, elang pun ikut bersarang semoga saja terwujud,” katanya pula.

Selain itu, di lokasi yang luas ini juga menjadi kantong oksigen, serta lokasi penyerap polutan yang bisa menyejukkan wilayah sekitarnya, ujarnya lagi.

Dalam aksi penanaman tersebut sedikitnya diikuti sekitar 40 anggota FKH, selain dari karyawan PDAM sendiri termasuk Direktur Operasional PDAM setempat Yudha dan Sekretaris Perusahaan Endang.

Aksi FKH selama peringatan Hari Bumi antara lain pembagian 200 bibit pohon secara gratis yang dilakukan di Jalan Brigjen Hasan Basri, tepatnya di depan kampus Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Selain itu, membagikan bibit pohon ke sekolah-sekolah, seperti ke sekolah binaan Adiwiyata SMA Negeri 5 Jalan Sultan Adam Banjarmasin.

Aksi FKH juga dibantu anggota Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) dan anggota Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban).

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *