Komunitas Pecinta Alam (KPA) Biosfer Tanam Terumbu Karang

Untuk memperingati hari bumi sedunia, Komunitas Pecinta Alam (KPA) Biosfer Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar acara penanaman terumbu karang. Agenda tersebut dipusatkan di Pulau Kumeke Desa Kotabunan Kecamatan Kotabunan, Minggu (24/4).

Dengan bertemakan ‘Gerak Jemari Untuk Bumi Lewat Karya Yang Berarti’, puluhan terumbu karang ditanam dengan pola berbentuk ‘love’. Hal ini wujud kecintaan terhadap Bumi Totabuan, khususnya alam yang terletak di sebelah Timur Bolaang Mongondow.

Dalam sambutannya, Ketua KPA Rendi Mamonto S.pd, membeberkan tentang tujuan dari komunitas ini. “Tujuan dari komunitas ini adalah untuk melestarikan kembali terumbu karang yang sudah rusak dimana kalau terumbuh karang mengalami kerusakan, otomatis akan berpengaruh terhadap jumlah ikan,” beber Mamonto.

Ia menambakan, ketika hasil tangkapan ikan sedikit, itu akan berpengaruh terhadap taraf ekonomi masyarakat pesisir. “Jadi sebagai Komunitas Biosfer yang tidak mampu menahan perkembangan zaman kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kami hanya bisa membuat organisasi dan membuat kegiatan yang mungkin di mata masyarakat umum sangat sederhana. Tapi kami yakinsangat bermanfaat demi meningkatkan taraf ekonomi di Bolaang Mongondow Timur,” papar Ketua KPA Biosfer.

Sebelumnya KPA Biosfer telah menam 75 dan tahun ini KPA telah menanam 85 terumbu karang. ” Tahun lalu kami telah menanam 75 buah namun pada tahun ini ada 85 buah yang kami tanam dan nantinya akan disatukan untuk membentuk pola ‘I LOVE BOLTIM’,” pungkasnya.

Mamonto berharap agar upaya ini bisa menarik wisatawan, khususnya pecinta alam bawah laut.

Acara ini dihadiri oleh Sangadi (Kepala Desa) Bulawan Induk, Eman Lendongan Hasan, Sangadi Bulawan Satu, Haris Lasambu, dan Sangadi Bulawan Dua Naini Muhamad.

Sunber: Manado Express

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *