Komunitas Peduli Bumi: Tebar 2.505 Ikan ke Sungai

Gerakan Seribu Ikan untuk Pontianak (SIUP) menebar 2.505 ikan dan 6 kura-kura di sejumlah parit dan Sungai Kapuas Kota Pontianak. Kegiatan berlangsung dua hari, Jumat dan Sabtu, 22-23 April 2016.

Ada 15 organisasi dari berbagai komunitas, perusahaan dan koperasi di Kota Pontianak yang turut berpartisipasi.

Koordinator kegiatan, M Yodha Muhdiya menuturkan, aksi ini merupakan bentuk nyata yang dilakukan bertepatan dengan peringatan hari bumi yang jatuh pada 22 April.

Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dan keberadaan ikan serta mendukung ketahanan pangan, dan melestarikan budaya lokal yakni memancing.

Dipilihnya aksi penebaran ikan mengingat parit sebagai ciri khas dari Kota Pontianak. Parit juga memiliki 5 unsur di antaranya sebagai penampung, air, resik, ikan, dan tanaman.

“Aspek ke empat alias ikan semakin susah dicari. Nah sejalan dengan waktu, tim kami sepakat untuk tidak hanya fokus di parit, tetapi juga sungai khususnya gurame atau kaloi,” ucapnya.

Bentuk kegiatan yang mereka lakukan berupa restocking (menyetok ulang), tetapi ke depannya mereka ingin agar Pontianak memiliki zona lindung perairan khususnya di parit dan sungai.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *