Lintas Komunitas Tanam Mangrove di Kendal

Sebagai upaya menjaga lingkungan dan mencegah abrasi di Pantai Katika Jaya dan Pantai Tiban, sejumlah komunitas di Kendal, Jawa Tengah menanam mangrove, Minggu (24/4/2016). Ratusan bibit bakau ini disediakan pengelola dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kartika Jaya dan Ikatan Duta Wisata Kendal.

Menggandeng Komunitas Wisata Kendal, kegiatan ini diikuti setidaknya 140 peserta. Ketua Penyelenggara Alfian Rifki mengatakan, peserta merupakan anggota berbagai komunitas. Mulai dari komunitas musik, wisata, suporter olahraga dan pelajar.

“Kita tujuannya ingin menjaga pulau dan Pantai Kartika Jaya tidak tergerus abrasi,” kata Alfian.

Penanaman ratusan bibit bakau juga untuk menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi dampak abrasi pantai yang semakin parah.

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Bumi,” imbuh Alfian.

Sementara itu, Cueng, salah satu peserta, mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Untuk menjaga agar Pulau Tiban tidak rusak dan pantai Kartika Jaya tidak terkena abrasi,” katanya.

Selain menanam bakau, ratusan peserta juga membersihkan pantai Kartika Jaya sepanjang 2,5 kilometer. Dengan berbaris ratusan peserta ini berjalan menyusuri pantai sambil memungut sampah plastik dan barang yang terbawa ombak untuk dibuang ke tempat yang sudah disiapkan.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *